BUNGA RAMPAI


Buku Seri Inovasi Administrasi Negara Volume 2

Selasa, 7 Maret 2017 | 05:51:14 WIB - Jumlah Dilihat: 359
 

Pada tahun 2016, Pusat Inovasi Tata Pemerintahan telah menerbitkan Buku yang berisikan model dan  cerita implementasi inovasi pemerintahan dari beberapa instansi pada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah. Buku tersebut bernama Buku Seri Inovasi Administrasi Negara: Pengembangan Model dan Story Inovasi Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik. Buku ini berbeda dari buku bunga rampai inovasi lainnya karena mampu mendokumentasikan perjalanan inovasi mulai dari gagasan ide, kendala dan permasalahan, pelaksanaan, sampai outcomenya. Sehingga pengetahuan inovasi yang selama ini tersimpan rapi sebagai tacit knowledge dalam otak inovator menjadi sharing knowledge yang dapat dipahami dan direplikasi oleh para praktisi dan pengamat inovasi. 

Buku Seri Inovasi volume kedua ini merupakan kelanjutan dari volume pertama. Pada volume keduanya buku ini menyajikan inovasi pada aspek kebijakan publik, budaya kerja, inovasi sosial dan model inovasi desa. Pada dimensi kebijakan publik, kita bisa belajar dari fenomena Brexit sebagai inovasi kebijakan publik. Lalu dalam model budaya kerja inovatif kita bisa mengadopsi model SECI. Sedangkan pada bidang sosial terdapat beberapa artikel antara lain; inovasi Strategi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, Perencanaan Pembangunan Berbasis Partisipasi Masyarakat, inovasi Penanganan Anak Putus Sekolah, dan Collaborative Governance dalam Penanganan Korban Kekerasan. Selanjutnya dalam pengembangan desa-desa inovatif, kita dapat melihat Pengembangan Model Desa Inovatif dengan Kombinasi Top-Down dan Bottoms-Up Innovation Model, Pola Pembangunan Desa Terpadu, Strategi Sistem Cluster Dalam Peningkatan Perekonomian Desa, Pengelolaan BUMDes, dan Model Pengembangan Kampung Organik.

Selain itu, beberapa artikel pada Buku Seri Inovasi volume 1 ini juga menyajikan pemodelan inovasi. Pemodelan inovasi dalam buku ini merupakan sintesa dan abstraksi berbagai inovasi yang dihasilkan oleh pemerintah daerah. Pemodelan ini dilakukan guna memahami kompleksitas inovasi pelayanan publik dan tata pemerintahan melalui pemetaan aktor, aktivitas, dan sumber daya yang terlibat. Beberapa pemodelan yang disajikan pada buku ini dapat dilihat pada artikel; (7) Model Budaya Kerja Inovatif di Sektor Publik, (8) Model Pengembangan Desa Inovatif, (9) Model Inovasi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Melalui Pengelolaan BUMDes dan (11) Model Inovasi “Kampung Organik”.

Buku ini sangat kami rekomendasikan sebagai referensi para pemerhati inovasi dan reformasi birokrasi. Mulai dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat, pihak akademisi, peneliti, hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Selain itu, buku ini juga kami sarankan kepada para pemimpin perubahan dan pemimpin transformatif agar mampu lebih mudah dalam memahami inovasi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. (Nugroho - INTAN)

 

Berkas Unduhan

No Judul Total Akses Unduh
1 Buku Seri Inovasi Administrasi Negara Vol. 2 92 Public