ROADSHOW PELAYANAN PUBLIK


Inovasi Pembelajaran dan Kurikulum di SMAN 68 Jakarta

Rabu, 26 Oktober 2016 | 11:25:45 WIB - Jumlah Dilihat: 386
 

SMAN 68 Jakarta merupakan salah satu sekolah terbaik di kawasan Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya alumni dari sekolah tersebut yang diterima di berbagai Perguruan tinggi negeri (PTN) ternama seperti UI, ITB, UNPAD, dan lain-lain. Jumlah nilai Ujian Nasional (UN) yang telah diraih juga sangat membanggakan. Dari program IPA, capaian tertinggi adalah 547,0. Sedangkan dari program IPS adalah 511,0. UN sendiri saat ini sudah berbasis Komputer atau Online. Untuk melaksanakannya, SMAN 68 Jakarta menyediakan laboratorium komputer yang telah terkoneksi dengan jaringan internet. Prestasi dalam UN juga telah diimbangi oleh prestasi akademis lainnya. Salah satunya adalah memenangkan lomba MTQ Nasional, Olimpiade Sains Nasional dan Juara Baca Puisi.

Sesuai dengan kurikulum 2013, pembelajaran class activity telah dilakukan oleh SMAN 68 Jakarta. Pembelajaran ini menuntut siswa untuk lebih mengeksplor kemampuan sesuai dengan bidangnya. Demi menunjang hal tersebut, SMAN 68 Jakarta telah menyediakan sarana laboratorium, ruang seni, dan sebagainya. Pengembangan kompetensi dalam minat baca menjadi perhatian khusus dari tenaga pendidik. Perhatian tersebut tertuang dalam program Budaya Baca. Program ini dilaksanakan setiap hari selasa dan kamis pada pukul 06.30 sampai dengan 07.00. Budaya baca ini semakin menambah pengetahuan siswa terhadap perkembangan informasi yang saat ini terjadi.

Pengembangan pengetahuan yang diterapkan oleh SMAN 68 Jakarta telah diimbangi dari sisi kerohani. Pembinaan keagamaan telah mengakomodasi perihal tersebut. Salah satu contohnya adalah program Qur’an Day. Program ini diadakan setiap hari kamis pada pukul 15.00 sampai dengan 17.00. Tentunya pengembangan keagamaan juga menjadi fokus utama seperti pembinaan agama protestan dan katolik.

Suksesnya kegiatan belajar dan mengajar ditentukan kenyamanan lingkungan yang dapat diwujudkan jika sekolah memperhatikan aspek kebersihan. Untuk mewujudkannya, SMAN 68 Jakarta membuat program “Jumat Bersih”. Program ini dilaksanakan pada hari Jumat setiap 2 minggu sekali. Tujuan dari program Jumat Bersih adalah menjaga kebersihan kelas dan menumbuhkan kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan. (Teguh - PIPEL)