POSTER INOVASI


Milestone Innovation Readiness Level

Senin, 22 Agustus 2016 | 10:33:09 WIB - Jumlah Dilihat: 530
 

Innovation Readiness Level merupakan sebuah instrumen yang digagas oleh Pusat Inovasi Tata Pemerintahan, Deputi Inovasi Administrasi Negara, LAN. Instrumen ini digunakan untuk menilai kesiapan instansi SKPD Pemerintah Daerah dalam berinovasi. Instrumen ini dapat digunakan pada instansi peserta Laboratorium Inovasi atau instansi lain yang ingin mengetahui tingkat kesiapan organisasinya dalam berinovasi. Terdapat 4 indikator dalam menilai kesiapan instansi pemerintah dalam berinovasi antara lain;

1. Aspek Kepemimpinan

2. Aspek Organisasi

3. Aspek Sumberdaya Manusia, dan

4. Aspek Implementasi

Hasil penilaian keempat aspek tersebut kemudian direkapitulasi dan ditentukan masuk pada level mana, apakah level 1 (Kurang Siap), level 2 (Cukup Siap), Level 3 (Siap) atau Level 4 (Sangat Siap). Setelah diketahui skornya, dapat ditentukan pengembangan kapasitas manakah yang perlu dilakukan supaya instansi pemerintah tersebut siap untuk berinovasi.

Berikut ini adalah rekam jejak pembuatan instrumen Innovation Readiness Level sejak awal hingga diujicobakan pada 2 daerah Laboratorium Inovasi binaan Pusat Inovasi Tata Pemerintahan yakni kabupaten Kupang dan Kebumen.

(NAS - INTAN)