ISSUE PELAYANAN PUBLIK


Jadikan Pasar Tradisional Lebih Bersih dan Modern

Sabtu, 20 Agustus 2016 | 03:23:05 WIB - Jumlah Dilihat: 397
 

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengajak kerja sama pengembang Sinar Mas Land sebagai pengelola pasar modern di BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tang-Sel) membuat pasar tradisional lebih bersih dan modern. Kerja sama itu sendiri meliputi bantuan detail engineering design (DED) untuk beberapa tipe pasar tradisional. Hal tersebut dilakukan karena Kemendag ingin menjadikan pasar tradisional yang modern dan bersih ini (pasar BSD) menjadi benchmark.

Meski ada beberapa harga bahan pokok yang naik, Kementerian Perdagangan juga akan mencoba untuk menyeimbangkan pasokan agar harga menjadi stabil. Kemendag akan memprioritaskan barang lokal. Meski begitu, pihaknya tidak anti barang impor mengingat ketersediaan barang dalam negeri belum mampu memenuhi kebutuhan pasar, namun harus ada road mapnya agar bisa mandiri.

Untuk pelaksanaannya Airin Wali Kota Tangsel mengungkapkan bisa Pasar Ciputat sudah memiliki DED tinggal menunggu anggarannya, apakah nanti menggunakan APBD, APBN, atau menggunakan anggaran swasta.

Namun untuk mewujudkan Pasar Tradisional yang Lebih Bersih dan Modern tentu dibutuhkan koordinasi semua pilar terkait, baik Pemerintahnya, Swasta, dan juga Mayarakat. Dari Kemendag, Pemerintah Kota, swasta, dan juga para pedagang. (Koran Sindo, Senin 8 Agustus 2016) (Sherin - PIPEL)