ISSUE PELAYANAN PUBLIK


Tingkatkan Kenyamanan bagi Penumpang Kereta Api

Sabtu, 20 Agustus 2016 | 03:18:51 WIB - Jumlah Dilihat: 426
 

Pelayanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus mengalami peningkatan. Berbagai pelayanan diluncurkan perseroan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang kereta api,  mulai dari penambahan gerbong kereta, revitalisasi stasiun, meluncurkan kereta khusus dan juga menggelar berbagai promo menarik bagi para penumpangnya. Dengan kualitas layanan yang baik tersebut, tentunya kereta api menjadi salah satu moda transportasi yang diminati oleh masyarakat.

Gebrakan terbaru yang dilakukan oleh PT KAI yakni meluncurkan kereta kesehatan atau rail clinic pertama di Indonesia. Peluncuran kereta kesehatan ini dilakukan Direktur Utama PT KAI di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, pada awal Agustus 2016 lalu. Menurutnya pembuatan rail clinic dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor. Selain itu, dibuatnya rail clinic ini juga sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT KAI.

Rangkaian kereta rail clinic itu sendiri terdiri dari dua kereta yang masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan yang berbeda. Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam rail clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama.

Selain meningkatkan pelayanan melalui rail clinic ini, PT KAI juga banyak mempercantik stasiun di Jabodetabek. Usaha ini sering menuai kontroversi, pasalnya harus ada pihak yang dirugikan seperti para pedagang. Meskipun lahan atau tempat yang mereka gunakan adalah lahan milik PT KAI. Diantaranya adalah Stasiun Manggarai, Stasiun Palmerah, Stasiun Kebayoran Lama, dan Stasiun Grogol. Dengan kerjasama yang apik antara PT KAI dengan pedagang serta stakeholder lainnya tentu peningkatan pelayanan bagi pengguna jasa PT KAI dapat diwujudkan. Selain stasiun menjadi lebih bersih, rapi, dan nyaman terdapat fasilitas rail clinic yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia. (Koran Sindo, Selasa 16 Agustus 2016) (Sherin - PIPEL)