ISSUE PELAYANAN PUBLIK


Pelindo III Tingkatkan Layanan Pelabuhan

Senin, 15 Agustus 2016 | 09:49:05 WIB - Jumlah Dilihat: 364
 

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo III melakukan sinergi atau kerjasama dengan menggandeng Tiga Bank BUMN yakni PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) untuk meningkatkan kualitas layanan pelabuhan. Ketiga Bank BUMN tersebut akan menyediakan layanan perbankan untuk memudahkan transaksi keuangan Pelindo III.

Sinergi ini merupakan wujud nyata dukungan BUMN dalam mendorong peningkatan perekonomian nasional. Mengingat pelabuhan merupakan salah satu infrastruktur utama dalam mendorong perekonomian nasional, yang salah satu fungsinya sebagai sarana pergerakan barang dalam perdagangan domestik maupun internasional. Penggunaan layanan perbankan dalam transaksi kepelabuhanan akan mempermudah proses bisnis di Pelindo III. Peningkatan produktivitas pelabuhan akan memberikan dampak positif dalam menekan biaya logistik nasional. Komitmen sinergi ini dituangkan dalam sebuah perjanjian nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani bersama di Jakarta pada 03 Agustus 2016.

Dukungan ketiga bank BUMN ini kepada Pelindo III meliputi lending facility, trade finance, treasury line facility, liquidity management, dan beberapa layanan lainnya. Pasalnya, Pelindo III merupakan BUMN yang besar dan saat ini  sektor maritim juga tengah menjadi perhatian pemerintah.

Dukungan BNI, Bank Mandiri dan BRI juga diwujudkan dalam pemenuhan kebutuhan finansial Pelindo III. Pada bulan Juni lalu ketiga bank tersebut memberikan kredit sindikasi kepada Pelindo III senilai Rp4,5triliun. (Koran Sindo, Jum’at 05 Agustus 2016) (Sherin - PIPEL)