ISSUE PELAYANAN PUBLIK


BPJS TK Layani Pengurusan Klaim TKI Korsel

Rabu, 10 Agustus 2016 | 12:11:32 WIB - Jumlah Dilihat: 344
 

BPJS Ketenagakerjaan menginisiasi kerja sama dengan The National Pension Service (NPS) Republic of Korea untuk memberikan pelayanan perlindungan jaminan sosial bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Korea Selatan. BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen mendukung pelayanan pembayaran manfaat program Jaminan Hari Tua (JHT) dari TKI yang pernah bekerja di Korea Selatan. Selama ini yang terjadi NPS sebagai penyelenggara program JHT di Korea Selatan mengalami kesulitan untuk melakukan pembayaran klaim jaminan sosial kepada TKI. Lalu munculah kesepahaman antara BPJS Ketenagakerjaan dan NPS Korea dalam memorandum of understanding (MoU) pada 29 Juli 2016 di Kantor NPS Republic of Korea, Seoul, Korea Selatan. Nota kesepahaman tersebut pada prinsipnya menyepakati kerjasama meliputi pelayanan informasi dan pelayanan klaim jaminan sosial bagi TKI yang bekerja di Korea dan tenaga kerja asing Korea yang bekerja di Indonesia.

Selain penandatanganan kerjasama tersebut, juga ditandatangani nota kesepahaman terkait Mutual Cooperation for Capacity Building, khususnya untuk mendukung penguatan penanganan program pensiun. Dalam nota kesepahaman tersebut, BPJS Ketenagakerjaan dan NPS Republic of Korea sepakat untuk memperkuat skema pensiun dua negara dengan melakukan kerjasama antara lain berupa sharing pengetahuan dan pengalaman, pertukaran karyawan, penempatan tenaga ahli masing-masing negara, dan melakukan training serta discussion bersama.

Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi best practices implementasi perlindungan jaminan sosial bagi TKI di negara lainnya sehingga seluruh pekerja Indonesia di dalam dan luar negeri bisa terlindungi. Namun untuk mencapai hal tersebut, tentu diperlukan kerjasama dan koordinasi dari berbagai pihak diantaranya, Kementerian, BPJS Ketenagakerjaan, NPS, dan Rumah Sakit. (Sherin - PIPEL) (Koran Sindo, 1 Agustus 2016)