ROADSHOW PELAYANAN PUBLIK


Aplikasi Qlue sebagai Solusi Keluhan Masyarakat

Selasa, 1 Maret 2016 | 11:57:26 WIB - Jumlah Dilihat: 621
 

JAKARTA - Sebagai unit yang memiliki fokus terhadap perkembangan pelayanan publik, Pusat Inovasi Pelayanan Publik (PIPEL) memiliki agenda untuk terjun langsung ke instansi pelaksana pelayanan publik. PIPEL kali ini mengunjungi Kantor Lurah Semper Barat. Alasan kunjungan ke lokus tersebut dikarenakan Kelurahan Semper Barat memperoleh penghargaan Kelurahan Terbaik pada edisi Agustus 2015. Penghargaan ini sebagai apresiasi bahwa Kelurahan Semper Barat menyabet peringkat Pertama dalam periode triwulan. Pihak Kelurahan Semper Barat dapat merebut penghargaan karena mengoleksi jumlah pengaduan paling sedikit berdasarkan data pengaduan aplikasi Qlue.
Aplikasi Qlue adalah sebuah aplikasi yang tersedia di sistem mobile android . Qlue sendiri bertugas untuk memastikan seluruh keluhan dapat didengar dan ditindaklanjuti oleh pihak pemerintah dan swasta. Aplikasi Qlue juga telah terintegrasi dalam konsep Jakarta Smart City. Pengembangan aplikasi android ini ke depannya akan bekerjasama dengan kota lain dan tempat bisnis yang berada dalam lingkup kota Jakarta. Aplikasi Qlue sudah mulai dirintis sejak tahun 2015. Aplikasi ini berjalan seiring dengan peningkatan peran Lurah sebagai Estate Manager. Konsep Estate Manager adalah aktor pemerintah yang berfungsi sebagai pengambil keputusan dalam tataran masyarakat pada level bawah.
Penerapan aplikasi Qlue ternyata berjalan sangat positif di Kelurahan Semper Barat. Buktinya, banyak kalangan dari anggota karang taruna. Mereka penasaran dengan keberadaan aplikasi Qlue. Pemuda karang taruna tanggap mengirimkan keluhan seputar keadaan jalan, sampah dan masalah pertanahan. Kejadian yang dikeluhkan kemudian akan ditindaklanjuti oleh Petugas Penanganan Sarana Umum (PPSU). Petugas PPSU yang menangani akan dibagi dalam beberapa zona, dan mereka akan dikoordinasikan oleh operator yang ditempatkan di Kelurahan Semper Barat. Dampak dengan adanya aplikasi Qlue adalah petugas kelurahan Semper Barat dapat lebih mendeteksi permasalahan dalam lingkup yang lebih luas. Hal ini dimungkinkan karena peran masyarakat yang proaktif mengirimkan postingan gambar dan kejadian secara real time dan real place. Kondisi tersebut membuat penanganan dapat cepat dilakukan oleh petugas Kelurahan, dalam hal PPSU. Masalah yang sering ditangani di Kelurahan Semper Barat adalah penanganan sampah, perbaikan jalan dan penyumbatan selokan. Cepatnya penanganan keluhan tergantung dari beratnya masalah yang dihadapi. Masalah yang membutuhkan penanganan lama karena keterlibatan instansi lain yang berwenang mengatasi masalah tersebut.
Dalam hal lain, Kelurahan Semper Barat juga tengah mengembangkan aplikasi yang memudahkan pemantauan upaya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSM). Aplikasi ini dinamakan Aplikasi Kelurahan (ALUR). Singkatnya, aplikasi ALUR adalah suatu instrumen untuk meningkatkan keakuratan jumlah angka PSM. Alasan adanya aplikasi ALUR adalah jumlah penanganan angka penanganan PSM rawan dimanipulasi oleh segelintir oknum.