TOKOH INOVASI


Tokoh Inovatif: Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat

Senin, 29 Februari 2016 | 12:44:13 WIB - Jumlah Dilihat: 703
 

Tokoh Inovatif: Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat

H. Ahmad Heryawan  adalah seorang politikus Indonesia. Ia adalah Gubernur Jawa Barat terpilih untuk periode 2008-2013 bersama wakilnya Dede Yusuf. Pada Pilgub Jabar 2013, Ahmad Heryawan kembali dipercaya rakyat Jabar untuk memimpin selama lima tahun kedepan Periode 2014-2018. Kali ini Heryawan didampingi aktor senior Deddy Mizwar sebagai wakilnya.¹

Sebagai Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), terus berkomitmen dan mendukung Program Inovasi Jabar Cyber Province, yaitu inovasi penerapan dan pengeloaan e-Government atau TIK untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan pubik di Provinsi Jawa Barat. Komitmen Jawa Barat terkait dengan kelembagaan, regulasi, dan implementasi penerapan e-Government di Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang sudah cukup bagus. Berbagai OPD yang ada telah menggunakan IT. Berikut beberapa inovasi  Jabar Cyber Province yang dikawal Aher2:
1. Inovasi Perencanaan anggaran (e-Budgeting)
Inovasi e-Budgeting memberikan efisiensi serta dapat menghindari penyimpangan. E-Budgeting Provinsi Jabar telah mendapatkan penghargaan tiga tahun berturut-turut.
2. Inovasi Proses Tender (e-Procurement)
Inovasi e-Procurement diterapkan untuk memberikan pengawasan serta penghematan yang lebih baik lagi. Seperti, pengadaan barang melalui proses e-Procurement yang dapat menghemat anggaran-tidak kurang-hingga Rp 300 Milyar per tahun. e-Procurement Jabar merupakan yang terbaik selama lima tahun berturut-turut. Selain itu, Jawa Barat pun telah mendapat penghargaan atas prestasinya dalam Pemeringkatan e-Government terbaik selama tiga tahun berturut-turut.
3. Inovasi e-Pemerintahan
e-Pemerintahan merupakan inovasi untuk mempermudah dan mempercepat proses penyelenggaraan pemerintahan, dan kemudahan memberikan layanan data dan informasi bagi public berbasis TI. Publik akan bisa mendapatkan informasi yang baik dan benar tentang pemerintahannya.
4. Inovasi basis data ekonomi (website) dan kebijakan system West Java Incorporated (WIJ)
WIJ ini merupakan forum pengembangan ekonomi daerah. Alamat websitenya, www.westjavainc.org. Melalui website ini, publik akan mendapatkan informasi mengenai bidang ekonomi dan berbagai potensi ekonomi Jawa Barat. Upaya pembangunan dan pengembangan TI bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Harapannya, pertumbuhan ekonomi dibarengi dengan index kebahagiaan masyarakatnya, sehingga dapat mensejahterakan masyarakatnya secara matariil dan non materiil.

Cukup banyak prestasi yang diraih Kang Aher selama menjabat sebagai orang nomor satu di Jawa Barat. Prestasi itu ditandai dengan penerimaan penghargaan, baik secara pribadi maupun lembaga, yang dipimpinnya selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Aher boleh dibilang gubernur dengan seabreg penghargaan atas prestasinya memajukan pembangunan di Jawa Barat.

Catatan Republika Online, hingga 18 Desember 2012 saja cukup banyak penghargaan yang diraih pria kelahiran Sukabumi tahun 1966 silam ini baik penghargaan sebagai pribadi maupun sebagai Kepala Daerah/ Gubernur Jawa Barat. Penghargaan tersebut meliputi:
Berdasarkan waktu penerimaan:

(1) Tahun 2008 = 4 Penghargaan
(2) Tahun 2009 = 10 Penghargaan
(3) Tahun 2010 = 13 Penghargaan
(4) Tahun 2011 =  31 Penghargaan
(5) Tahun 2012 = 33 Penghargaan

Berdasarkan Bidang:

(1) Bidang Pembangunan Infrastruktur dan Lingkungan Hidup = 13 Penghargaan
(2) Bidang Pembangunan Sosial Budaya = 23 Penghargaan
(3) Bidang Pembangunan Perekonomian = 22 Penghargaan
(4) Bidang Pemerintahan = 33 Penghargaan ³

Sumber : 
(1). Ringkasan profil/ biografi Ahmad heryawan
http: // profil merdeka.blogspot.co.id/2014/07/ biografi dan profil ahmad- heryawan-html
http: // www.ahmad heryawan.com
(2). Inovasi Jabar Cyber Province
http: jabarprov.go.id/ index.php/artikel/detail – artikel/121/2014/11/13/ inovasi – jabar-    cyber-province
(3).Penghargaan yang diterima ahmad heryawan
- Ahmad Heryawan Gubernur dengan seabreg Prestasi
http:// www.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/08/13/ntojs319-ahmad-heryawan-gubernur-seabreg-prestasi.

(Untung Ito/P2IPK)