TOKOH INOVASI


Pemimpin Muda Inovatif: Basuki Tjahaja Purnama

Senin, 29 Februari 2016 | 11:54:26 WIB - Jumlah Dilihat: 1511
 

Pemimpin Muda Inovatif: Basuki Tjahaja Purnama

Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab dengan nama Ahok adalah politikus asal Belitung. Ia menjadi pasangan Jokowi dalam Pemilu Gubernur DKI Jakarta 2012. Pada pemilu tahun 2012, Jokowi dan Ahok terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Jakarta. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Bupati Belitung Timur menggantikan Usman Saleh perioden2005-2010 dan menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014.

Ahok lahir di Gantung, desa Laskar Pelangi, Belitung Timur pada tanggal 29 Juni 1966. Ia melanjutkan Sekolah Menengah Atas (SMU) dan perguruan tinggi di Jakarta dengan memilih Fakultas Teknologi Mineral jurusan Teknik Geologi Universitas Trisakti. Pada tahun 1991,  ia melanjutkan kuliah S-2 dan mengambil bidang manajemen keuangan di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya Jakarta dan mendapat  Magister Manajemen (MM). 2

Di tahun 2006, Ahok dinobatkan oleh Majalah TEMPO sebagai salah satu dari 10 tokoh yang mengubah Indonesia. Di tahun 2007 ia dinobatkan sebagai Tokoh Anti Korupsi dari penyelenggara negara oleh Gerakan Tiga Pilar Kemitraan yang terdiri dari KADIN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Masyarakat Transparansi Indonesia. Melihat kiprahnya, kita bisa mengatakan bahwa berpolitik ala Ahok adalah berpolitik atas dasar nilai pelayanan, ketulusan, kejujuran, dan pengorbanan; bukan politik instan yang sarat pencitraan. 1

Tahun 2012 nama Ahok kian mencuat karena dipilih Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta yang diusung PDI-P dan Gerindra, setelah melalui dua tahap Pemilukada, akhirnya pasangan Jokowi-Basuki ditetapkan sebagai pemenang dan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017  pada 15 Oktober 2012.

Pada 14 November 2014, Ahok diumumkan secara resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta pengganti Joko Widodo yang terpilih sebagai Presiden RI ke-7, melalui rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD DKI Jakarta. Ahok resmi dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta oleh Presiden Joko Widodo pada 19 November 2014 di Istana Negara setelah sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur sejak 16 Oktober hingga 19 November 2014.


Beberapa Inovasi yang telah dilakukan Ahok selama memimpin DKI Jakarta antara lain3,4:

  1. Pembenahan sistem transportasi dengan memperbanyak jumlah busway sampai seribu unit yang diperuntukkan khusus bagi orang cacat, anak-anak dan perempuan.
  2. Inovasi di BPTSP (Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu)  berbasis teknologi untuk pelayanan masyarakat di antaranya Ajib ( Antarjemput Izin Bermotor), SIUP online dan Jasa Arsitek Gratis. Penggunaan SIUP online dapat diakses oleh masyarakat, cukup dengan mengakses Pelayanan.jakarta.go.id.
  3. Inovasi  BPTSP lainnya adalah  yang sudah berumur satu tahun ini juga memberikan gebrakan dalam Program ODS (One Day Service) atau layanan satu hari.
  4. Inovasi pada system  transportasi,  saat ini warga DKI Jakarta sudah dapat merasakan nyamannya pembayaran dengan uang elektronik jika berkendara dengan TransJakarta. Aliran masuk uang dari tiket TransJakarta pun lebih transparan. Saat ini pembangunan sejumlah jalan layang, penambahan koridor TransJakarta dan jalur kereta pun tengah dilakukan. Kualitas bus TransJakarta juga diperbaiki.
  5. Inovasi Tata Kota yang dilakukan Ahok yaitu penertiban dan relokasi pedagang kaki lima dan parkir liar juga dilakukan sebagai penanganan macet. Saat ini ia pun tengah menjalankan salah satu proyek yang ramai diperbincangkan yaitu normalisasi sungai serta relokasi warga di bantaran kali ke rusunawa yang lebih terjamin dan layak serta ruang publik terpadu dan ramah anak. Yang nantinya akan ada sejumlah taman untuk berekreasi dan berinteraksi antar warga agar terjalin kerukunan. Di taman ini warga disediakan tempat untuk berjualan bagi yang ingin berwirausaha dan fasilitas-fasilitas agar anak muda dapat berkreasi. Nantinya semua ruang publik juga akan diawasi oleh CCTV agar keamanan warga terjamin.
  6. Inovasi di bidang kesehatan  warga DKI juga coba ditingkatkan Ahok melalui Kartu Jakarta Sehat
  7. Inovasi di bidang pendidikan untuk Warga DKI Jakarta melalui Kartu Jakarta Pintar.
  8. Inovasi Memanfaatkan teknologi informasi saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga meluncurkan aplikasi Qlue, untuk mendukung visi Jakarta Smartcity. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan warga untuk melaporkan ketidak beresan yang terjadi di lingkungan sekitar. Seperti misalnya tindak kriminal, lampu lalu lintas bermasalah, fasilitas dan jalan rusak, sampah, parkir liar hingga perizinan bangunan.
  9. Inovasi Teknologi Informasi lainnya :  Informasi populasi, lalu lintas, obyek wisata dan informasi-informasi penting terkait Jakarta juga bisa diakses lewat http://smartcity.jakarta.go.id.

Sumber:
[1]. Ahok, http://ahok.org/about/
[2]. Biografi Ahok (Basuki Tjahaja Purnama), http://bio.or.id/biografi-ahok-basuki-tjahaja-purnama/
[3]. BPTSP Luncurkan Tiga Inovasi, Ini Kata Ahok, http://news.okezone.com/read/2016/01/12/338/1286434/bptsp-luncurkan-tiga-inovasi-ini-kata-ahok
[4]. Paparan Inspiratif Basuki Tjahaja Purnama Tutup IKF 2015, http://news.detik.com/advertorial-news-block/3051621/paparan--inspiratif--basuki-tjahaja-purnama-tutup-ikf-2015

(Novalinda/P2IPK)