POLICY BRIEF


Policy Brief Kriteria-kriteria Mendasar yang Harus Diperhatikan Dalam Penataan Lembaga Non Struktural

Rabu, 7 Oktober 2015 | 11:10:47 WIB - Jumlah Dilihat: 822
 

Oleh : Pusat Inovasi Kelembagaan dan Sumber Daya Aparatur, DIAN-LAN

ABSTRAKSI
? Eksistensi Lembaga Non Struktural (LNS) sudah dicap dengan stempel tak sedap, mulai dari tumpang tindih fungsi dengan kementerian/lembaga, kinerja yang tidak memuaskan, maupun in-efisiensi dalam penggunaan anggaran. Penataan LNS dewasa ini juga berada pada arah yang tidak jelas.
? Hal lain yang juga tidak kalah penting yakni bermunculannya pandangan bahwa keberadaan LNS tidak jelas dalam konstelasi penyelenggaraan urusan
pemerintah. Dengan kondisi demikian maka tidak mengherankan apabila kemudian terbit Peraturan Presiden Nomor 176 Tahun 2014 tentang Pembubaran 10 LNS. 
? Dalam beberapa waktu ke depan dapat diprediksi bahwa pembubaran secara massif terhadap beragam LNS sangat mungkin dilakukan. Policy brief ini menawarkan  inovasi konseptual atau cara pandang baru dalam merumuskan arsitektur LNS dalam rangka mengakselerasi kinerja  pemerintahan. 
? Melalui model inovasi konseptual ini, penataan LNS kedepan (baik pengembalian fungsi kepada kementerian/Lembaga, penggabungan, dan /atau pembubarannya) dapat dilakukan secara masuk akal.

 

Berkas Unduhan

No Judul Total Akses Unduh
1 Kriteria-kriteria Mendasar yang Harus Diperhatikan dalam Penataan Lembaga Non Struktural 178 Public