HASIL KAJIAN


Epitome Diretori Inovasi Administrasi Negara

Senin, 31 Agustus 2015 | 06:46:18 WIB - Jumlah Dilihat: 633
 

Dalam rangka mendorong tumbuh dan berkembangnya inovasi di bidang administrasi Negara, maka Pusat Inovasi Pelayanan Publik Kedeputian Inovasi Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara memandang perlu untuk menyusun Direktori Inovasi Administrasi Negara. Salah satu tujuan dari penyusunan direktori inovasi administrasi negara tersebut adalah untuk mempermudah Kementerian/Lembaga, Pemda, BUMN/BUMD, Swasta, NGO (LSM) dan masyarakat dalam mencari/memperoleh informasi tentang ringkasan/intisari/epitome dari berbagai inovasi yang telah dikembangkan dan diterapkan. Disamping itu, juga untuk mempermudah bagi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam mengadopsi, mereplikasi bahkan memodifikasi inovasi disesuaikan dengan karakteristik instansi masing-masing.
Direktori inovasi administrasi negara yang telah disusun tersebut memiliki desain yang cukup sederhana, akan tetapi telah memuat informasi yang komprehensif terkait dengan proses penyusunan, implementasi, dampak, faktor pendorong dan penghambat, serta prasyarat replikasi dari masing-masing best practice inovasi yang telah
divalidasi ke dalam direktori inovasi. Untuk mempermudah pengguna direktori tersebut, tim penyusun telah melakukan pengelompokan inovasi berdasarkan jenisnya yang meliputi: inovasi proses, metode, produk, konseptual, teknologi, struktur organisasi, hubungan dan sumber daya manusia. Di samping itu, direktori inovasi ini juga telah dilengkapi dengan langkah langkah penggunaan direktori, khususnya terkait dengan replikasi inovasi. Direktori inovasi ini telah tersedia dalam versi online yang dapat diakses melalui laman : inovasi.lan.go.id/index.php?r=inovasi/edirektori.
Pada akhinya, kami mengucapkan terima kasih kepada tim penyusun dan semua pihak yang terlibat dalam proses penyusunan hingga terbitnya direktori inovasi administrasi negara ini.
Jakarta, September 2014
Kepala Pusat Inovasi Pelayanan Publik
Kania

Untuk dapat mengunduh dokumen ini silahkan survey kami terlebih dahulu