BERITA


Inovasi Sebuah Proses: From Zero to One

Jumat, 2 Maret 2018 | 10:14:30 WIB - Jumlah Dilihat: 88
 

INNOVASI SEBUAH PROSES: FROM ZERO TO ONE

       Di dalam buku ini diajarkan untuk membuat sesuatu dari yang sebelumya sudah ada, membuat bukan dari meniru dan meniru adalah sebuah hal yang sudah biasa yaitu dari 1 ke n dan bukan sesuatu yang istimewa. Sebaliknya menciptakan sesuatu yang baru akan membawa pembaca untuk berangkat dari 0 ke 1. Menurut buku ini, seorang innovator tidak akan meniru pendahulunya dalam menciptakan sesuatu, seorang innovator akan menghasilkan karya inovasi yang baru dan unik. Meniru hal hal yang telah berhasil diartikan dengan kemajuan horizontal atau ekstensif kemajuan yang mudah diramalkan. Sebaliknya mengerjakan sesuatu yang belum pernah dilakukan orang lain maka akan lebih sulit dibayangkan yang biasa diartikan dengan kemajuan vertikal atau intensif.

          Di dalam buku diajarkan sesuatu yaitu bagaimana awal membangun sesuatu yang baru. Tahap awal membangun sesuatu baru yaitu adalah memulai berfikir berbeda dengan setiap orang dengan membangun pertanyaan terhadap diri sendiri tentang apa sesuatu yang penting yang sedikit orang setuju dengan anda. Dari hal tersebut akan membangun kebiasaan untuk setiap waktu menemukan inovasi baru. Tahap selanjutnya adalah menemukan rahasia tentang sesuatu yang dibutuhkan dalam menjalani hidup, setelah itu simpan rahasia itu dan kemudian beritahu ke teman yang anda percaya untuk memperluas pandangan tentang inovasi yang akan anda buat.

         Selanjutnya buku ini mengajarkan bagaimana cara membangun sebuah strartup dengan konsep zero to one. Ada 3 poin yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah startup, yang pertama yaitu memilih patner bisnis, dari buku ini diajarkan untuk memilih seorang patner bisnis yang memiliki visi ,komitmen dan pola pikir yang sama dan memiliki keahlian yang berbeda untuk kemajuan dan kemanfaatan startup yang akan dibangun. Kedua adalah pembagian tugas, startup akan cepat berkembang dengan efektifnya pekerjaan yang dilakukan. Dengan pembagian tugas tersebut perkembangan startup akan dengan cepat terjadi. Poin yang terakhir adalah pekerja full time, awal dalam membangun startup adalah tahap yang paling berat maka dari itu dibutuhkan usaha dan kerja keras dari masing masing pekerja atau anggota yang terlibat.

      Bagian akhir buku ini menekankan kembali kepada pembaca yang ingin berhasil dalam usaha membuat hal yang baru yaitu untuk menjadi pelopor yang mempunyai pola pikir yang baru dalam menjalankan sebuah startup yang kreatif dengan memikirkan tujuan atau sesuatu dari nol. Resensi buku Zero to One dipresentasikan oleh Nova Yolanda Sipahutar pada acara DIAN Sharing Jumat 23 Februari 2018. (Rezax Adinur-P2IPK)

 

Berkas Unduhan

No Judul Total Akses Unduh
1 Resensi Buku: Zero to One 65 Public