BERITA


Preliminary Meeting: Indonesia – Japan “Knowledge Exchange Seminar 2018”

Kamis, 15 Februari 2018 | 09:28:53 WIB - Jumlah Dilihat: 96
 

Preliminary Meeting: Indonesia – JapanKnowledge Exchange Seminar 2018”

JakartaThe Japan Council of Local Authorities for International Relations (J.CLAIR) akan bekerjasama dengan LAN menyelenggarakan seminar internasional , seminar direncanakan pada 25 Juli 2018. Seminar serupa telah sukses dilaksanakan selama 3 (tiga) tahun terakhir ini. MIC (Ministry of Internal Communiacation) Jepang sejak tahun 2015 melakukan sharing knowledge dan sharing experience tentang keberhasilan Indonesia-Jepang membangun daerah melalui best practices Jepang dalam membangun daerah-daerahnya dikombinasikan dengan hadirnya kepala daerah di Indonesia yang juga sharing keberhasilannya. Kegiatan ini dimotori oleh JCLAIR Singapore, Mr. Hashimoto Kenjiro, executive director pada preliminary meeting yang hari ini, 14 Februari 2018 di kantor LAN Veteran Jakarta, mengemukakan bahwa kegiatan kerja sama dalam hal exchange seminar ini akan dilakukan secara berkelanjutan. Tujuan Preliminary Meeting kali ini adalah untuk membahas Tema, Issue-Issue strategic yang akan disharing pada seminar, tentative waktu penyelenggaraan, dll.

       Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH, MA, Deputi Bidang Inovasi Administrasi Negara LAN pada pertemuan tersebut mendorong agar muncul beberapa gagasan dan isu dari Diklat, Kajian, STIA, dan Sekretariat yang juga hadir dalam acara ini. Lebih lanjut beliau sampaikan pula strategi pencapaian target SDG (sustainable development goals), pengembangan Sumber Daya Manusia guna mendukung peningkatan daya saing Indonesia dimata global. Melalui sharing knowledge dari best practice Jepang dan Indonesia, percepatan pembangunan daerah dan penguatan daya saing daerah akan segera terwujud.

      Dr. Muhammad Idris, Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN menyampaikan langkah dan strategi Jepang dalam mensinergikan training ASN juga dapat disharing kepada lembaga diklat di Indonesia.

           Mr. Hashimoto Kenjiro memberikan tanggapan bahwa seminar 2018 akan didesain seperti keinginan LAN, Narasumber akan didatangkan oleh JCLAIR dalam seminar tersebut. Demikian hasil dari pertemuan pendahuluan rencana penyelenggaraan seminar internasional LAN-JCLAIR 2018.

           Leaderpreneurship yang diusulkan oleh  Tri Widodo WU, Deputi DIAN LAN untuk melahirkan ASN yang mempunyai jiwa entrepreneurial dapat dipastikan akan menjadi bagian agenda seminar 2018 tersebut. LAN akan melakukan koordinasi dengan JCLAIR agar rencana seminar 2018 yang juga menandai peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang terlaksanakan secara baik dan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. (Budi Fernando Tumanggor – P2IPK).