BERITA


Buka Rakornas, Deputi Inovasi Administrasi Negara Sampaikan Pentingnya Inovasi Bagi NKRI

Kamis, 8 Februari 2018 | 11:18:18 WIB - Jumlah Dilihat: 195
 

Jakarta -  Kepala LAN RI melalui Deputi Inovasi Administrasi Negara LAN RI, Dr. Tri Widodo, MA secara resmi membuka kegiatan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) di Aula Prof. Dwiyanto, MPA, kamis (8/2). Deputi Inovasi Administrasi Negara menyampaikan pentingnya inovasi sebagai bagian tak terpisahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Inovasi adalah solusi untuk kesatuan NKRI. Apabila kita ingin memperkuat, memperkokoh negara kita maka solusi satu-satunya dengan melakukan inovasi" Ujar Deputi Inovasi Administrasi Negara LAN RI, Dr. Tri Widodo, MA dalam sambutanya. 

Menurutnya, inovasi saat ini bukan lagi menjadi suatu pilihan tapi merupakan suatu keharusan yang mutlak dilakukan. Untuk itu, dibutuhkan komitmen yang kuat bagi seluruh stakeholder guna mendukung terciptanya akselerasi inovasi tata kelola pemerintahan dalam meningkatkan daya saing daerah. 

Selain itu,  Dr. Tri Widodo, MA juga mengatakan sejauh ini akselerasi berjalan dengan baik dan negara wajib melakukan lompatan-lompatan demi mewujudkan akselerasi dan cita-cita untuk mencapai peringkat top dunia dalam hal competitiveness. Apalagi saat ini, inovasi merupakan bagian dari program prioritas nasional yang harus diwujudkan bersama untuk mendukung percepatan inovasi di Indonesia. 

" Jangan lamban seperti dinasaourus. Pemerintah harus bekerja secara cepat. Karena sebesar apapun sebuah negara ketika ia tidak melakukan akselerasi inovasi maka ia akan tergilas oleh perubahan" jelasnya 

Senada dengan hal tersebut, Dr. Muhammad Aswad, M.Si selaku Kepala Pusat Inovsi Kelembagaan dan Sumber Daya Aparatur LAN menyammpaikan dalam laporannya bahwa pelaksanaan kegiatan ini didasarkan pada masih rendahnya indeks daya saing Indonesia baik di tingkat Dunia atau Asean itu sendiri. Sehingga dibutuhkan langkah progresif bersama untuk menumbuhkembangkan inovasi diseluruh level pemerintahan baik pusat maupun daerah yang berdasar pada RPJM dan aturan yang ada.

Adapun, pada kegiatan Rakornas yang mengusung tema akselerasi inovasi tata pemerintahan dalam meningkatkan daya saing daerah ini dihadiri oleh Deputi Bidang PelayananPublik (Kementerian PAN & RB), Kepala Badan Penellitian dan Pengembangan (Kemendagri) dan sejumlah Pemerintah Daerah yang turut hadir yaitu 11 perwakilan provinsi dan 18 perwakilan pemkot/pemkab.

Selain itu, dalam kegiatan ini pula disepakati kerjasama yang ditandai dengan Penandatangan MoU antara Lembaga Administrasi Negara RI dengan Tempo Inti Media. (fahri)