BERITA


DIAN Sharing: Bedahi Buku "Inovasi Harga Mati" Sebuah Pengantar Inovasi Administrasi Negara

Rabu, 31 Januari 2018 | 12:38:33 WIB - Jumlah Dilihat: 148
 

DIAN SHARING Bedah Buku "Inovasi Harga Mati"-Sebuah Pengantar Inovasi Administrasi Negara

DIAN Sharing pada tanggal 20 Januari 2018 membahas mengenai bedah buku Inovasi Harga Mati oleh ibu Trixaning Gayatri. Buku yang ditulis oleh Bapak Tri Widodo W. Utomo, selaku Ketua Departemen Inovasi Administrasi Negara ini adalah buah dari pengalaman beliau selama lebih dari 20 tahun mengabdi di Lembaga Administrasi Negara. Bukan waktu yang sebentar untuk dapat memahami mengenai seluk beluk inovasi. Namun, melalui buku ini kita dapat belajar lebih cepat mengenai konsep-konsep inovasi.

Mengulas tentang buku tersebut, sebelumnya saya akan membahas mengenai fisik buku tersebut. Buku tersebut memiliki total jumlah halaman sebanyak 315 halaman, dengan desain cover juga dibuat menarik bergambar lampu yang selalu diartikan sebagai ide atau inovasi. Bahasa yang digunakan di buku ini pun, menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti sehingga tidak membuat pembaca bosan dan memudahkan pembaca untuk menerima pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

Dari segi substansi, buku ini membahas mengenai dasar-dasar inovasi dan mengajak orang-orang untuk berani melakukan inovasi. Tidak perlu inovasi yang besar dengan segala kerumitan teknologi, namun bisa inovasi yang kecil yang kadang dianggap remeh. Misalnya saja, inovasi dengan mengembangkan penggunaan kemasan Inaco atau KFC sebagai alat untuk menyiram atau lainnya.

Buku ini juga inspiratif karena beliau dengan detail menjelaskan hasil pengamatan dari pengalaman yang beliau temui di lapangan dan tentu saja melihat pengalaman tersebut dari segi inovasi. Sehingga dapat membuka pandangan baru bagi pembacanya akan inovasi dan mengajak pembacanya agar lebih aware pada hal-hal kecil yang ada disekitarnya. Akhir kata, buku ini memang wajib dibaca bagi pembaca yang sedang belajar memahami inovasi dan ingin mencoba melakukan inovasi, karena inovasi bukanlah suatu kewajiban, namun telah menjadi kebutuhan yang harus terus menerus dilakukan. Salam inovasi! (Lusi Istiviani-P2IPK)