BERITA


IDE INOVATIF:TELECOMMUTING

Rabu, 31 Januari 2018 | 10:53:28 WIB - Jumlah Dilihat: 156
 

IDE INOVATIF:TELECOMMUTING

Telecommuting merupakan model perjanjian kerja inovatif, yang memungkinkan karyawan mendapatkan fleksibilitas dalam bekerja (baik tempat,dan waktu) dengan fasilitas teknologi telekomunikasi. Telecommuting tercipta dilatarbelakangi adanya keterbatasan ruang kerja, ide inovasi ini muncul untuk menjawab permasalahan lag work-space. Beberapa persyaratan telecomuting dapat diberlakukan diantaranya pekerjaan tersebut tidak bersifat administratif, dan bukan pelayanan langsung pada masyarakat, berbasis output kerja dan marketing produk. Telecommuting telah berhasil diaplikasikan dibeberapa negara, diantaranya di Amerika, namun beberapa negara mengalami hambatan dalam aplikasinya diantaranya di Mesir, aplikasi telecommuting mengalami hambatan berkaitan dengan penilaian kinerja karyawan.

Beberapa manfaat yang diharapkan dengan diberlakukannya telecommuting antara lain menghemat anggaran sewa lahan kantor, biaya listrik, dan biaya operasional kantor lainnya. Inovasi Telecommuting juga dapat membuat karyawan bekerja dengan lebih fokus, dan ide-ide baru muncul dengan baik karena work space mendukung pekerja dalam menyelesaikan tugasnya. Demikian pula produktivitas kerja meningkat.

Disamping kelebihan, terdapat kemungkinan dampak muncul dengan diberlakukannya Telecommuting, yaitu interaksi sosial para karyawan menjadi berkurang.

Untuk ASN di Indonesia, telecommuting dapat diberlakukan dengan banyak kajian mendalam dan disusun paying hukumnya sebelum kebijakan ini diterapkan.(Indi Oksa Maulindi-P2IPK)