BERITA


DKK Innovation Workshop 2018

Senin, 29 Januari 2018 | 01:34:31 WIB - Jumlah Dilihat: 33
 

DKK INNOVATION WORKSHOP 2018

DKK (Deputi Kajian Kebijakan) LAN membekali ASN untuk berinovasi melalui kegiatan Workshop. Tujuan workshop adalah meningkatkan kapasitas ASN DKK (Peneliti dan analis kebijakan)  dalam berinovasi.  Workshop berlangsung pada LAN Veteran Jakarta,  18-19 Januari 2018. CPNS di lingkungan DKK dan DIAN (Deputi Administrasi Negara) juga ikut hadir dalam kegiatan workshop yang difasiltasi oleh Kedeputian Inovasi Administrasi Negara, Dr. Marpaung Kapus P2IPK bertindak selaku moderator pada hari pertama workshop. Agenda worksop inovasi DKK adalah opening remark, drum up inovasi, diagnose inovasi, design inovasi, pembagian kelompok dan pemaparan presentasi kelompok. Dalam acara tersebut DIAN sebagai fasilitator. Dr Marpaung memberikan pertanyaan kepada peserta workshop terkait “apa yang membuat kinerja DKK dan Pusat DKK “Excellent “ 100% dalam era global?” dan jawabannya adalah adanya keseriusan, skill, knowledge, hard work, attitute dan Inovation. Selain itu beliau juga memaparkan kunci keberhasilan dalam berinovasi meliputi ASN, proses inovasi dan budaya kerja.

Tahap inovasi 6D, secara aplikatif dibahas dalam workshop tersebut. Drum Up, Erfi Muthmainah mengajak peserta bangkit dan bersemangat dalam melakukan inovasi. Diagnose, Agustinus mendiagnose peserta yang hadir layaknya seorang dokter yang akan memeriksa pasien. Lebih lanjut Agustinus menyampaikan trik mudah berinovasi meliputi: 1) Amati, 2) Tiru dan 3) Modivikasi atau disingkat ATM. Design, Andi Taufik menjelaskan bahwa terdapat 4 (empat) aspek design meliputi: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengawaasan, dan 4) Evaluasi.

Akhir Workskhop Deputi DIAN, Dr Tri Widodo menegaskan bahwa untuk berinovasi harus memegang prinsip 5D+1 (Drum Up, Diagnose, Design, Dilevered, Display dan Docummentation)  dan berinovasi merupakan tanggung jawab bersama-sama (masyarakat, pemerintah, stakeholder, dll). “Eksis”, “Scan Me”, “Dijamin Sip (Digitalisasi Administrasi dan Arsip), “KADAL (Kajian dengan Data Digital)” memaparkan usulan inovasi dari masing-masing pusat di lingkungan DKK. Dari hasil paparan rencana inovasi masing-masing pusat, sebagai hasil akhir Workshop inovasi ini, Deputi DKK, Dr. Muh. Taufik  DEA memberi apresiasi cukup besar. Bangga atas capaian workshop ini, dan tak lupa mendorong CPNS sebagai harapan masa depan LAN untuk terus berinovasi, itu sebagaian kata sambutan disela-sela menutup acara Workshop tersebut. (Nurul Rohmawati-P2IPK)