HASIL KAJIAN


PENGUKURAN INDEKS PERSEPSI INOVASI PELAYANAN PUBLIK 2017

Senin, 22 Januari 2018 | 11:31:25 WIB - Jumlah Dilihat: 109
 

KATA PENGANTAR

Keinginan awal menyusun Model Pengukuran Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik ini didasari oleh keyakinan bahwa praktek inovasi sektor publik telah dilakukan oleh banyak Kementerian/ Lembaga/ Daerah serta BUMN/ BUMD. Namun demikian, baru beberapa Kementerian/ Lembaga/Daerah serta BUMN/BUMD saja yang benar-benar berhasil mengembangkan dan melaksanakan inovasi pelayanan publik dan telah memberikan manfaat yang signifikan terhadap kemajuan penyelenggaraan pemerintahan dan masyarakat.

Disamping itu, banyak Kementerian/ Lembaga/ Daerah serta BUMN/ BUMD yang sama sekali belum mengembangkan inovasi pelayanan publik, sehingga hasil pengukuran indeks persepsi inovasi pelayanan publik ini dapat dijadikan basis dalam percepatan pengembangan dan pelaksanaan inovasi di lingkungan Kementerian/ Lembaga/ Daerah serta BUMN/ BUMD ke depan.

Kami berharap model pengukuran ini akan menjadi salah satu instrumen penting dalam upaya mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas bagi Kementerian/ Lembaga/ Daerah serta BUMN/ BUMD, mengingat dimensi dan indikator dalam panduan ini mencakup aspek-aspek yang sangat relevan dengan dampak pengembangan dan pelaksanaan inovasi pelayanan publik.

Oleh karena itu diharapkan model pengukuran ini mempermudah Kementerian/Lembaga/ Daerah serta BUMN/ BUMD dalam menetapkan arah dan kebijakan pengembangan inovasi pelayanan publik kedepan berdasarkan hasil pemeringkatan yang menunjukkan basis data (baseline) serta prioritas perbaikan terhadap unsur-unsur yang memiliki nilai paling lemah.

Jakarta, Desember 2017
Deputi Bidang Inovasi Administrasi Negara,
 

 
Tri Widodo Wahyu Utomo

 

Untuk mendowload Pengukuran Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik 2017 Silahkan melakukan Survei Terlebih Dahulu di  http://surveyonline.lan.go.id/index.php/2015-03-12-14-58-07/2015-03-12-15-17-04/pengukuran-indeks-persepsi-inovasi-pelayanan-publik-2017