PROFILE AFIAN


Apa itu Asosiasi Fasilitator Inovasi Administrasi Negara (AFIAN)?

Rabu, 6 Desember 2017 | 12:09:15 WIB - Jumlah Dilihat: 83
 

Asosiasi Fasilitator Inovasi Administrasi Negara (AFIAN) merupakan wadah bersama bagi organisasi indtansi pemerintah dalam menyalurkan pendapat dan sharing pengalaman antar anggota terkait Inovasi Administrasi Negara. AFIAN perlu dibentuk mengingat perkembangan inovasi sektor publik beberapa tahun terakhir cukup signifikan, para champion/ fasilitator banyak tersebar di K/ L / D. Pengetahuan dan pengalaman sangat perlu dishare/ didesiminasikan. Melalui AFIAN para champion/ fasilitator ini dapat mengintegrasikan kemampuan dan pengetahuannya tentang inovasi sektor publik yang sudah pernah didapat melalui program Champion Innovation.

Pertimbangan untuk pembentukan fasilitator inovasi adalah menambah pengetahuan dan informasi yang telah mereka lakukan dan kembangkan selama mereka menekuni bidangnya. Pembentukan forum fasilitator inovasi perlu memenuhi tridarma suatu organisasi, yaitu: (1) ikut serta mengembangkan ilmu dan teknologi; (2) meningkatkan mutu praktik pelayanan; dan (3) menjaga kode etik.

Melalui AFIAN, para anggota diajak maju bersama untuk meningkatkan kualitas pengetahuan terkait inovasi sektor publik, serta mengembangkan dan mempertahankan kualitas mereka sebagai fasilitator inovasi. AFIAN juga sangat berkepentingan untuk ikut serta memenuhi kebutuhan dan kemaslahatan umum masyarakat luas dalam pengembangan kemampuan fasilitator inovasi. Selain itu akan membangun Kepedulian atas realisasi, keintelektualan, kompetensi dan komunikasi, kode etik, serta perlindungan atas para anggotanya. (WAY-Pipel)