LAB KOTA AMBON


Pemkot Ambon Launcing 101 Inovasi Pelayanan Publik

Selasa, 5 Desember 2017 | 06:51:42 WIB - Jumlah Dilihat: 64
 

AMBON, MR.- Pemerintah Kota Ambon melaunching 101 inovasi layanan publik yang dimiliki setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Ambon. Berbagai inovasi terdiri dari 12 Bagian, yakni DPRD 51 inovasi, 50 Dinas, 8 Badan, 7 Kecamatan, dan 18 Kelurahan dengan berbagai layanan diantaranya, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, pelayanan langsung kepada masyarakat yakni pelayanan yang dilaksanakan melalui kontak langsung dengan masyarakat, tata kelola pemerintahan maupun perbaikan kesejahteraan sosial.

Hal ini dimaksudkan, agar dapat menimbulkan budaya kerja baru yang mengurangi metode konvensional dan rutinitas menjadi lebih transformatif dan inovatif, serta terselenggaranya kompetisi inovasi dalam lingkup Pemkot Ambon dari seluruh inovasi yang telah terimplementasi sehingga dapat ikut sertakan pada tingkat nasional maupun internasional.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambutannya mengatakan salah satu indikator adalah terjadi perubahan dimana-mana. Salah satu jawaban dengan menyiapkan layanan publik yang lebih berkualitas.

Baginya dengan inovasi layanan mesti ditunjang dengan kapasitas SDM yang memadai, karena itu dilakukan Bimtek dengan tujuan agar mampu bersaing dengan kota lainnya di Indonesia. Lebih jauh dijelaskan, Pemkot bahkan berkeinginan untuk mengarah ke sistem layanan online, karena merupakan kebutuhan masyarakat dan tuntuan teknologi. (MR-09)


Sumber Berita: http://mimbarrakyat.com/berita-pemkot-ambon-launching-101-inovasi-layanan-publik.html#ixzz50NzZy8uB

 

AMBON, MR.- Menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (MenPAN RB), Asman Abnur memberi apresiasi atas sajian pameran inovasi organisasi perangkat daerah (OPD) pemerintah kota Ambon dalam rangka HUT kota Ambon ke 442 di Hall Maluku City Mall, Kamis (7/9).

"Positif sekali untuk kemajuan kota Ambon dan provinsi Maluku. Karena keinginan dari pa Walikota dan pa Gubernur saya lihat luar biasa besarnya. Apresiasi atas pameran inovasi ini," kata MenPAN RB di sela-sela kunjungan ke sejumlah stand invovasi OPD bersama kepala LAN RI, Gubernur Maluku Ir Said Assagaff, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Wakil Walikota Syarif Hadler dan beberapa tamu.

MenPAN RB, Asman Abnur pun mendorong untuk Pemkot Ambon khususnya terus berinovasi. Karena, setiap tahunnya akan terjadi perubahan dalam pelayanan publik dan pemerintahan daerah kalau ada inovasi baru. Adapun inovasi baru itu harus ditularkan dan informasikan kepada masyarakat. 

Pasalnya, kalau inovasinya untuk konsumsi sendiri, tentu tidak bisa. Maka melalui pameran-pameran seperti ini akan mendorong masyarakatnya juga tahu ada model pelayanan publik yang baru. Ada pula suasana ASN dalam kerjanya juga berubah. 

"Jadi saya berharap inovasi ini harus dibarengi dengan arus informasi. KemenPAN RB mensupport pameran atau inovasi-inovasi demikian. Bahkan saya tiap tahun mengadakan kompetisi inovasi ini secara nasional. Dimana tahun kemarin diikuti 3054 peserta dan modelnya top 40 pelayanan publik, ada lagi top 99. Nanti tinggal kita tularkan ke seluruh kabupaten kota yang ada di Indonesia," tukas politisi PAN tersebut.

Gubernur Said Assagaff mengungkapkan, lewat pameran OPD Pemkot Ambon ini banyak inovasi baru yang bisa disaksikan langsung Pempus lewat MenPAN RB dan menjadi ruang bagi masyarakat bisa mengetahui upaya inovasi dari SKPD dalam peningkatan pelayanan publik. Apalagi menteri berkeinginan agar tiap kota dan unit kerja pemerintah harus bisa menghasilkan dari sekarang minimal satu inovasi baru.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan, pameran inovasi OPD pemkot Ambon adalah upaya mengenalkan terobosan baru dalam tata kelola pemerintahan bahkan menyajikan bentuk pelayanan publik yang maksimal bagi masyarakat. Karenanya, diharapkan masyarakat bisa mengunjungi dan tahu informasi atau inovasi apa saja yang ada, telah dilakukan dan bahkan akan dijalani. (MR-05)


Sumber Berita: http://mimbarrakyat.com/berita-apresiasi-pameran-menpan-rb-dorong-ambon-terus-berinovasi.html#ixzz50O1NAUsF