BERITA


BANYUMAS MELUNCURKAN 92 INOVASI

Rabu, 11 Oktober 2017 | 09:44:25 WIB - Jumlah Dilihat: 26
 

Hari selasa minggu ke dua dibulan Oktober menjadi hari yang istimewa untuk Kabupaten Banyumas. Bukan karena hari jadi Banyumas, tetapi dihari dengan tanggal “cantik” 10 10 20 17 ini, Kabupaten Banyumas pertama kali meluncurkan 92 inovasi dari 55 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk kecamatan dan rumah saki secara bersama-samat. Acara peluncuran inovasi dilaksanakan Pendopo Sipanji kabupaten Banyumas dimulai jam 10.30 WIB (Waktu Indonesia Banyumas) diawali dengan tarian penyambutan “Lengger Rumekso”.

Peluncuran inovasi Kabupaten Banyumas di hadiri DR. Adi Suryanto sekalu Kepala Lembaga Administrasi Negara, DR Andi Taufik sebagai Kepala Pusat Inovasi Tata Pemerintahan dan Tim Inovasi LAN serta lebih dari 150 pejabat struktural Kabupaten Bannyumas yang meliputi pejabat tinggi pratama (JPT) yang meliputi Kepala Kepala Dinas, Asisten Sekda, Kepala Badan, Inspektur, Staf Ahli Bupati. Dan para pejabar Administrator yang meliputi sekretaris dinas/badan, camat, serta beberapa undangan lainnya.

Laporan ketua tim inovasi daerah  yang diwakili Kepala Bagian Organisasi, Ibu Titi Pudjiastuti melaporkan proses yang telah dilakukan dan akan dilakukan kabupaten banyumas dalam program Laboratorium Inovasi. Setelah peluncuran inovasi ini selanjutnya akan dilakukan monitoring implementasi rencana aksi inovasi pada bulan oktober dan noverber. Selanjutnya direncanakan akan dilasanakan tahap display yakni Pameran Inovasi yang diperkirakan pada tanggal 22 Novemer 2017. Tahap ini akan dikolaborasikan dengan berbagai pameran hasil pembangunan kabupaten banyumas. Laporan itu juga disajikan seluruh deskripsi inovasi kabupaten Banyumas dengan 9 vidio dan 83 deskripsi singkat.

Melihat paparan singkat inovasi tersebut, Bupati Banyumas, Bapak H. Ir Achmad Husain memberikan apresiasi yang sangat luar biasa dan bangga dengan ASN Banyumas yang telah menghasilkan inovasi tersebut. Hal senada juga di sampaikan Bapak DR. Adi Suryanto yang menyampaikan bahwa ide gagasan inovasi “unik dan menarik”. Sebagai contoh “Saberina” adalah sistem bergeraknya seluruh lembaga/organisasi dan perorangan dalam penyelenggaraan fungsi pelayanan "litbang" SECARA TERPADU untuk karya cipta krenova dalam mengakses pembiayaan, penelitian, pengembangan, PATEN dan pemanfaatannya.

Namun selain apresiasi tersebut, Bapak Bupati menekankan bahwa “jangan hanya berhenti pada tataran ide dan rencana inovasi, tetapi harus diimplementasikan”. Demikian juga, Kepala Lembaga Adminsitrasi Negara, Bapak DR. Adi Suryanto yang menyampaikan bahwa “keberhasilan inovasi diukur bukan dari jumlah inovasi atau outputnya, tatapi kemanfaatan inovasinya”. Selanjutnya sebagai pesan diakhir sambutan, Kepala LAN menyampaikan bahwa “Aparatur Sipil Negara – Pegawai Negeri Sipil harus dapat berinovasi”.

Sebagai penutup dan puncak acara peluncuran inovasi, setiap kepala SKPD, Camat, Kepala Rumah Sakit, Kepala Satuan, Inspektorat atau yang mewakilinya melakukan penandatangan Surat Komitmen melaksanakan Inovasi bersama bupati banyumas. (SAWK Intan)