ARTIKEL


INOVASI PELESTARIAN LINGKUNGAN & HABITAT: Pengalaman Toyooka Jepang Pelestarian Bangau Putih

Kamis, 31 Agustus 2017 | 08:38:22 WIB - Jumlah Dilihat: 54
 

INOVASI  PELESTARIAN LINGKUNGAN & HABITAT: Pengalaman Toyooka Jepang Pelestarian Bangau Putih

Kembali ke  “Pupuk Organik” sebuah inovasi sederhana yang dapat dijadikan konsep tematik dan dapat dikembangkan  Indonesia khususnya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Daiki YAMAMOTO (peneliti dari Toyooka City Jepang) menjelaskan bagaimana upaya kota Toyooka Jepang berhasil melestarikan burung Bangau Putih yang 25 tahun hampir punah pada acara seminar internasional yang diselenggarakan Lembaga Administrasi Negara bekerja sama dengan MIC-JCLAIR Jepang, 27 Juli 2017 di Kantor LAN, Jakarta.  Sebuah langkah besar dari Toyooka dalam melestarikan burung Bangau Putih tersebut. Komitmen tinggi dari pemerintah, upaya pelestarian, dan penciptaan lingkungan yang mendorong tumbuh dan berkembangnya bangau dilakukan, diantaranya dengan melarang penggunaan pupuk kimia, pestisiida. Langkah yangn paling inovatif dan dapat diterapkan di Indonesia adalah pemberian subsidi sebagai insentif sebesar 72-145 US$ per 0,1 Ha lahan pertanian mereka, apabila petani tersebut tidak lagi menggunakan pupuk kimia dan memberikan kontribusi dalam program pelestarian Bangau Putih tersebut.

Keberhasilan ini sangat dipengaruhi oleh Grand Design (Road Map) dilengkapi Strategi yang diimplementasikan secara konsisten disertai komitmen dari pemerintah di semua lini, dan partisipasi masyarakat dalam program pemerintah.  Keberhasilan pelestarian ini akhirnya membuahkan manfaat besar bagi masyarakat di kota tersebut, Harga jual padi yang dihasilkan dampak dari pelestarian burung bangau tersebut (pupuk dari kotoran burung) lebih mahal. Hal ini  mendorong penghasilan petani dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Dari pengalaman ini hal menarik yang dapat kita petik adalah bahwa Inovasi tidak harus yang menggunakan teknologi tinggi, harus kekinian, dll. Inovasi sederhana seperti upaya pelestarian burunng bagau di Toyooka Jepang yang sederhana akhirnya dapat membawa Toyooka menjadi sebuah kota yang meningkat kesejahteraan masyarakatnya dan dikenal dunia. (Handayani-P2IPK)