LAB INOVASI KABUPATEN BANTUL


Desain Inovasi Pemerintah Kabupaten Bantul

Rabu, 30 Agustus 2017 | 04:08:53 WIB - Jumlah Dilihat: 137
 

Desain Inovasi Pemerintah Kabupaten Bantul

Pada tanggal 23-25 Agustus 2017, Pemerintah Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara melalui Pusat Promosi Inovasi dan Pengembangan Kapasitas menyelenggarakan Workshop Desain Inovasi. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian penyelenggaraan Laboratorium Inovasi Pemerintah Kabupaten Bantul. Workshop selama tiga hari tersebut adalah tindak lanjut dari tahap drum-up dan diagnose. Pada tahap design ini, seluruh SKPD dan UPTD di Kabupaten Bantul melakukan penyusunan desain ide inovasi yang sudah mereka gagas pada workshop drum-up dan diagnose pada bulan April yang lalu.

Bertempat di Ruang Rapat di kompleks Paramsya Pemkab Bantul, Jl. Robert Wolter Monginsidi No 1, Bantul. DI. Yogyakarta, agenda 3 (tiga) hari Workshop perdana tersebut dihadiri oleh seluruh kepala SKPD dan UPTD atau yang mewakili.

Pada hari pertama, Kepala Pusat Promosi Inovasi dan Pengembangan Kapasitas Dr. PM Marpaung selaku narasumber workshop memberikan materi terkait tahapan desain inovasi, dan rencana tindak lanjut.

Pada hari kedua, Tim fasilitator LAN didampingi Tim Inovasi Kab Bantul melakukan monitoring dan advokasi tahap desain kepada SKPD terpilih terkait penajaman ide inovasi dan advokasi penyusunan rencana aksi inovasi, proposal inovasi dan penyusunan dokumen kontrak kinerja antara Bupati Bantul dan Kepala SKPD dan Kepala UPTD terkait inovasi yang akan dilaksanakan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul pada tahun 2017.

Kemudian pada hari ketiga, peserta workshop difasilitasi untuk memfinalkan desain ide inovasi melalui desk evaluation. Desain ide inovasi dituangkan ke dalam rencana aksi inovasi yang meliputi tahapan kegiatan yang akan dijalankan. Setiap tahapan kegiatan diidentifikasi lebih jelas siapa pelaksananya, kapan dilaksanakan (waktu), output, metode, dan lain sebagainya. Dengan membuat rencana aksi inovasi, maka pelaksana inovasi dapat memiliki gambaran rinci dan komprehensif  mengenai apa yang akan dilakukan untuk membuat  inovasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, pelaksana inovasi diminta untuk mengidentifikasi stakeholder yang terlibat dan mendukung dalam suksesnya implementasi inovasi di satuan kerja masing-masing. Pada pelaksanaan kegiatan ini, setiap perwakilan SKPD dan UPTD berkesempatan untuk berkonsultasi dengan Tim fasilitator LAN dan Tim Inovasi Bantul untuk mendapat masukan agar rencana aksi yang dibuat dapat lebih disempurnakan.  

Secara keseluruhan, penyelenggaraan Workshop Desain Inovasi Pemerintah Kabupaten Bantul berlangsung dengan sukses. Peserta memahami pentingnya melakukan penyusunan rencana aksi inovasi yang terstruktur dan logis. Harapan dengan diselenggarakan Workshop Desain Inovasi ini, setiap SKPD dan UPTD dapat memperbaiki dan mematangkan rencana aksi inovasi yang telah dibuatnya sehingga tahapan selanjutnya dari laboratorium inovasi, yakni deliver, dapat dijalankan dengan baik dan sesuai harapan serta visi misi Kabupaten Bantul.

Bahan paparan selama workshop berlangsung, dapat diunduh pada link berikut ini.

(AASA/P2IPK) 

 

Berkas Unduhan

No Judul Total Akses Unduh
1 Desain Inovasi Pemerintah Kabupaten Bantul 48 Public
2 Lembar Kerja Desain Inovasi 24 Public