BERITA


INAGARA AWARD LAN, Daerah Terinovatif dan Lomba Pemimpin Perubahan

Kamis, 10 Agustus 2017 | 10:14:50 WIB - Jumlah Dilihat: 101
 

INAGARA AWARD LAN, Daerah Terinovatif dan Lomba Pemimpin Perubahan 

Jakarta – Perubahan peradaban dunia yang bergerak dengan cepat hanya mampu dimenangkan oleh mereka yang dapat mengimbangi ritme perubahan itu dan menempatkan diri di puncak peradaban.

Kepala LAN RI, DR. Adi Suryanto mendorong stakeholder yang ada untuk terus mengembangkan terobosan dan inovasi  dalam bidang pelayanan publik. Ia berkeyakinan bahwa birokrasi jauh akan menjadi lebih baik. Karena sejauh ini telah mengembangkan gagasan baru yang telah diterapkan di pemerintahan.  Sehingga tugas kita saat ini mendorong agar para stakeholder yang ada tidak berhenti berinovasi. "Tugas generasi sekarang adalah terus melanjutkan inovasi agar kelak bisa menjawab tantangan jaman, sehingga bisa terus berkarya serta berbakti untuk negara," ujarnya.

Menpan RB, Asman Abnur mengapresiasi semua daerah yang telah berhasil meraih penghargaan Inagara. Abnur mengatakan perubahan saat ini tidak bisa kita elakan dan tidak bisa kita hadapi dengan protes maupun demo akan tetapi kita jawab dengan memperbaiki kwalitas, kemampuan serta kinerja. "Saat ini kita hanya bisa memenangkan persaingan dengan merubah pola pikir dari yang selama ini hanyut dengan rutinitas menjadi sebuah manajemen kinerja," kata Abnur.

Dalam kesempatan itu, LAN juga menganugerahkan Penghargaan Inovasi Administrasi Negara (Inagara) Award 2017 kepada sepuluh besar pemenang lomba pemimpin perubahan, lima pemimpin daerah yang berkomitmen tinggi terhadap proyek perubahan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (diklatpim) LAN dan empat belas pemimpin daerah laboratorium inovasi.

Pemimpin daerah terinovatif yang berkomitmen tinggi dalam usulan Gubernur terhadap proyek diklatpim LAN diantaranya adalah Bupati Sleman (Drs. H. Sri Purnomo, M.SI), Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP), Walikota Makasar (Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto), Walikota Pontianak (H. Sutarmidji, SH, M.Hum), Walikota Denpasar (I. B. Rai D. Mantra, SE, MSi).

Untuk kategori, pemenang lomba pemimpin perubahan yang masuk dalam sepuluh besar salah satunya diberikan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (Drs. I Putu Eka Merthawan,Msi), Kepala BPKD (Heru Budi Hartono,SE,MM), Sestama BPOM (Dra Reri Indriani,Apt,Msi), Direktur pengembangan SDM (Drs. Priyono, M.Sc), Kapus Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (Dr. Drs. Sugeng Priyant, M.Si), Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir (Ir. Suryantoro,MT), Kapus TI dan Informatika Kementrian dan Perwakilan (Yoni Tri Prayitno), Sestama (Syahrul Mubarak, SIP,MM), Kepala BBTKLPP Surabaya (Hari Santoso), KK Kemenhukam Wilayah NTT (M.Diah SH,MH).

Sementara untuk kategori pemimpin daerah yang mendukung laboratorium inovasi diberikan kepada Walikota Ambon (Richard Louhenapessy, SH), Walikota Solok (H. Zul Elfian, S.H., M.Si), Walikota Tasikmalaya (Drs. H. Budi Budiman), Gubernur Kalimantan Utara (Irianto Lambrie), Bupati Kudus (H. Musthofa), Bupati Tulungagung (Syahri Mulyo, S.E), Bupati Banyumas (Ir.H.Achmad Husein), Bupati Bone (Dr. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si), Bupati Purbalingga (H. Tasdi, SH, MM), Bupati Sragen (Dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati), Bupati Banjar (Hj. Raudatul Wardiyah), Bupati Bantul (Drs. H. Suharsono), Bupati Nunukan (Hj. Asmin Laura Hafid, S.E., M.M), Bupati Katingan (Ahmad Yantenglie, SE).

Inagara AWARD adalah salah satu bentuk apresiasi LAN kepada pemerintah daerah agar tetap mengimplementasikan serta menumbuhkembangkan budaya berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. (Promosi Inovasi-P2IPK)