LAB INOVASI KAB BONE


Laboratorium Inovasi Dibumi "Arung Palakka", Kabupaten Bone

Selasa, 30 Mei 2017 | 07:33:54 WIB - Jumlah Dilihat: 171
 

Kabupaten Bone merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan yang terkenal sebagai wilayah kerajaan “Arung Palakka”. Dengan Visi Kabupaten Bone 2013-2018 menciptakan “Masyarakat Bone Yang Sehat, Cerdas, dan Sejahtera” telah memperoleh 105 penghargaan ditingkat nasional maupun internasional. Penghargaan yang paling bergengsi yang pernah diterima adalah “Paditungka” dari FIPO (The Fajar Institute of Pro Otonomi) sebagai pemenang dari kategori layanan pendidikan terbaik. Selain itu, Bupati Bone (Dr. H. Andi Fahsar M. Padjalangi, M.Si) telah mendapatkan pula penghargaan Adykarya Pangan Nusantara Tahun 2015 dari Presiden di Istana Negara.

Dengan berbagai penghargaan yang telah diterima oleh Kabupaten Bone, tampak Pemerintah Kabupaten Bone tidak merasa berpuas diri, bahkan telah bersiap diri untuk dijadikan sebagai Laboratorium Inovasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara. Pelaksanaan kegiatan Laboratorium Inovasi dalam rangka Akselerasi Inovasi Administrasi Negara, melalui Pusat Inovasi Tata Pemerintahan telah melaksanakan kegiatan ini pada tanggal 8 s.d 12 Mei 2017 yang bertempat di Aula La Tea Riduni dan Ruang Rapat Bappeda, Kabupaten Bone.

Pelaksanaan acara ini dibuka dengan adanya sambutan dari Deputi Inovasi Administrasi Negara LAN (DR. Tri Widodo Wahyu Utomo) dan sambutan Bupati Bone. Acara yang dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas beserta jajarannya ini tampak sangat antusias, bahkan sampai dengan penyampaian materi Drum Up, Diagnose, dan Desain oleh Tim LAN, dimana sampai dengan selesainya kegiatan ini berlangsung telah menghasilkan ± 120 ide inovasi yang berasal dari 37 OPD, 27 Kecamatan dan 27 Puskesmas. Gagasan ide inovasi yang telah didapatkan melalui perkonsultasian selama 3 hari ini, pada nantinya akan terus didiskusikan dan disempurnakan lagi. Jika telah siap, maka gagasan ide inovasi tersebut akan diturunkan ke dalam rencana aksi inovasi dan siap untuk dilaksanakan ide inovasinya tersebut.

Pelaksanaan kegiatan Akselerasi Inovasi Administrasi Negara ini tidak hanya berkisar dalam kegiatan Laboratorium Inovasinya saja. Dalam hal ini, Tim LAN pun juga berusaha menggali informasi melalui wawancara mendalam (in depth interview) kepada sejumlah narasumber terkait mengenai inovasi yang telah memperoleh penghargaan secara nasional maupun internasional ini, untuk dijadikan sebagai model inovasi. Adapun inovasi yang diangkat dan dijadikan sebagai model adalah “Paditungka” dan “Gemilang”. Hal ini dilakukan sebagai maksud, agar pemerintah daerah lain dapat mereplikasi inovasi baik tersebut, terutama yang dapat memberikan pengaruh besar dan bersentuhan langsung kepada masyarakat.

(dw_intan)