LAB KOTA BEKASI


Pengembangan Kapasitas ASN (Pejabat Pemda, Eselon IV) Kota Bekasi untuk Berinovasi

Kamis, 25 Mei 2017 | 12:23:19 WIB - Jumlah Dilihat: 173
 

Wawancara dengan Kapus P2IPK, Dr. PM Marpaung, 23 May 2017

Berdasarkan surat Sekda Kota Bekasi Nomor 891/3349/BKPPD.Diklat tertanggal 25 April 2017, Kota Bekasi meminta Deputi Bidang IAN LAN menjadi narasumber dalam kegiatan Pembinaan Motivasi Kerja dalam rangka reposisi pejabat eselon IV.

Sebanyak 10 Angkatan diklat Pembinaan Motivasi telah dilaksanakan, dimulai sejak Rabu 3 Mei 2017 dan berakhir pada Rabu 24 Mei 2017. Tempat penyelenggaraan Pembinaan di Aula H. Nonon Sonthanie Kantor Walikota Gedung 10 lantai 1, Jalan Jenderal A. Yani Bekasi dan Gedung SMA Al-Azhar Kota Bekasi. Narasumber dari LAN yang ditugaskan oleh Deputi Bidang IAN LAN, Dr. Tri Widodo WU untuk memberikan Pembinaan Motivasi adalah Dr. Aswad, MED (Kapus PIKS@), Erfi Muthmainah, SS, MA (Kapus PIPEL), dan Dr. PM Marpaung, M.Sc (Kapus P2IPK). Durasi setiap sessi pertemuan 2 jam (setiap Angkatan) dan jumlah peserta berkisar 80- 116 orang. Total peserta 994 orang (10 Angkatan).

Seluruh peserta tersebut diharapkan tergugah dan segera muncul ide-ide inovasinya, harapan akhir dari kegiatan ini adalah tercapainya akselerasi inovasi dalam membangun kota Bekasi yang Inovatif.

Agenda pembelajaran meliputi: 1) Kota, klasifikasi dan fungsinya, 2) inovasi, kriteria, jenis dan strategi berinovasi, 3) smart city, best practices dan model kepemimpinan inovatif, dan 4) maklumat inovasi kota Bekasi.

Melalui pembinaan motivasi ini setiap peserta diminta mampu memotret potensi dirinya, unit kerja, dan kapasitas ASN di unit kerjanya, untuk selanjutnya diminta melihat peluang dan tantangan yang dihadapi pada masa akan datang. Dengan mengetahui potret kondisi saat ini, dan peluang pengembangan masa  yang akan datang, maka setiap peserta seharusnya mampu menyusun rencana inovasi untuk mencapai posisi/kondisi yang ideal sebagaimana tuntutan masyarakat dan dinamika perubahan lingkungan stratejik.

Tindak lanjut dari kegiatan 10 Angkatan Diklat Pembinaan Motivasi ini, berdasarkan hasil diskusi Kapus P2IPK, Dr. PM Marpaung dengan penyelenggara dihasilkan komitmen, bahwa akhir tahun 2017 Pemda Kota Bekasi akan mengirimkan surat kepada Kepala LAN untuk meminta difasilitasi inovasi pada tahun 2018. Kegiatan fasilitasi inovasi melalui Laboratorium Inovasi 2018 ini sejalan dengan Rencana Kota Bekasi yang menjadikan tahun 2018 sebagai TAHUN INOVASI. (Handayani-P2IPK)