HASIL KAJIAN


Direktori Inovasi Administrasi Negara Bidang Pelayanan Publik

Kamis, 13 April 2017 | 12:25:56 WIB - Jumlah Dilihat: 160
 

Puji syukur kita panjatkan Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan berkat dan karunia-Nya sehingga Kedeputian Bidang Inovasi Administrasi Negara melalui Pusat Inovasi Pelayanan Publik telah berhasil menyusun Direktori Inovasi Administrasi Negara Bidang Pelayanan Publik yang fokus pada inovasi di tingkat BUMN/BUMD. Buku ini merupakan bentuk apresiasi kepada BUMN/BUMD yang telah melakukan inovasi dan juga untuk mendorong kesadaran berinovasi di sektor lainnya.
Kedeputian Bidang Inovasi Administrasi Negara terbentuk pada tahun 2013, yang saat itu dihadapkan pada kondisi sektor publik yang menganggap bahwa inovasi adalah sesuatu yang masih langka. Sebuah dinamika sektor publik yang masih bekerja berdasarkan rutinitas, perintah, perencanaan yang kaku dan tidak melakukan suatu langkah kebaruan atau terobosan nyata. Kenyataan seperti itu membutuhkan suatu perubahan dan perbaikan bermanfaat untuk meningkatkan innovation awareness di kalangan aparatur negara yang bermuara pada pelayanan publik yang berkualitas. Direktori Inovasi Administrasi Negara hadir sebagai bank data yang berusaha memotret berbagai praktik terbaik inovasi sehingga dapat dijadikan inspirasi dalam berinovasi. Direktori Inovasi Administrasi Negara pada tahun 2016 ini mengidentifikasi berbagai inovasi yang dilakukan oleh BUMN/BUMD dalam memberikan pelayanan demi kepuasan pelanggan.
Sektor privat dianggap sudah satu langkah di depan daripada sektor publik dalam inovasi di berbagai hal. Sektor privat lebih maju dalam efektivitas dan efisiensi perusahaan, daya saing yang lebih tinggi dan kualitas hasil juga lebih baik daripada sektor publik. Maka sektor publik harus banyak belajar dari sektor privat agar dapat meningkatkan kinerja. Proses pembelajaran kinerja sektor privat dilakukan melalui dokumentasi berbagai inovasi tentang strategi dan praktik manajemen, pengelolaan masa transisi dan pengalaman mengatasi problematika perusahaan. Berbagai hal tersebut didokumentasikan sehingga dapat diadopsi dan dikembangkan di sektor publik.
Perlu dipahami juga bahwa pengembangan inovasi yang dilakukan oleh sektor privat harus diimbangi dengan inovasi yang dikelola sektor publik. Sinergitas dan kolaborasi yang harmonis dalam pengembangan inovasi disertai dengan pelibatan masyarakat akan mewujudkan inovasi yang mengarah pada pencapaian sasaran pembangunan bagi Bangsa Indonesia. Meskipun mempunyai jalur dan pandangan yang berbeda, tetapi sektor privat dan sektor publik bisa disatukan demi membangun Indonesia Inovatif.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga Direktori Inovasi Administrasi Negara Bidang Pelayanan Publik ini dapat tersusun. Semoga di masa depan semakin banyak bermunculan ide dan gagasan anak negeri di berbagai sektor demi kemajuan dan kebanggaan Bangsa Indonesia.
Untuk Mengunduh versi lengkap Silahkan mengisi survey kami disini