Detail Inovasi


ATM BNI Khusus Para Bikers

Waktu Dibuat: Senin, 22 Januari 2018 | 10:23:03 WIB - Dilihat: 155, Diunduh: 74 Unduh
 

Produk Inovasi : ATM BNI Khusus Para Bikers

Jenis Inovasi: Metode

Kelompok Inovator : BUMN / BUMD

Nama Instansi : PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk.

Unit Instansi : PT. Bank Negara Indonesia (Persero)

Penggagas :

Kontak Person : PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Jl. Jenderal Sudirman Kav. 1 Jakarta, 10220 Telp. +6221 – 5728387 Fax +6221 – 5728053

Sumber : - http://www.bni.co.id

Teknik Validasi : Data Sekunder

Tahun Inisiasi : 2013

Tahun Implementasi : 2013


Deskripsi

Ketatnya persaingan dan tingginya tingkat kesibukan di perkotaan membuat masyarakat sangat efisien dalam memanfaatkan waktu. Sejalan dengan visinya, “Menjadi Bank yang unggul, terkemuka, dan terdepan dalam layanan dan kinerja”, PT Bank Negara Indonesia, Tbk (BNI) men-support manajemen waktu nasabahnya secara kreatif, yaitu dengan inovasi terbaru dalam pelayanan berupa pendirian Anjungan Tunai Mandiri (ATM) khusus untuk pengendara sepeda motor atau kendaraan roda dua lainnya, yang dikenal sebagai ATM Sepeda Motor. Hal ini merupakan terobosan baru dan pertama di Indonesia, dimana pengendara sepeda motor tidak perlu turun dari kendaraan untuk bertransaksi. Hal ini sangat mendukung mobilitas maupun efektivitas dalam bertransaksi, mengikuti konsep ATM Drive Thru yang diperuntukkan bagi pengguna kendaraan roda empat yang telah banyak dikembangkan sebelumnya.

ATM Sepeda Motor pertama milik bank terbesar ke-4 di Indonesia ini dibangun dan diresmikan penggu-naannya di Jalan Raya Margonda, Depok, Jawa Barat pada Minggu, 1 September 2013. Depok menjadi lokasi pilihan pertama BNI untuk mengeksekusi inovasinya atas pertimbangan jumlah pengguna sepeda motor yang tinggi serta kondisi bahwa Depok adalah tetangga terdekat DKI Jakarta yang tentu memiliki tingkat kepadatan aktivitas yang hampir serupa dengan Ibu Kota. Selain itu, di jalan ini tumbuh pesat pusat perbelanjaan, pertokoan, perkantoran, apartemen, dan pusat pendidikan sehingga diharapkan akan mendukung tingkat transaksi melalui ATM. Peresmian tersebut juga merangkul para klub-klub sepeda motor untuk turut mendukung dan mensukseskan inovasi “BNI ATM Bikers” ini.

ATM Sepeda Motor merupakan perwujudan dari usulan Rencana Bisnis Bank BNI yang diajukan kepada Bank Indonesia dan telah mendapatkan persetujuan. Hal ini menunjukkan respon BNI atas pertumbuhan signifikan pemakaian sepeda motor yang angkanya melaju fantastik hingga mendominasi penggunaan jalan raya di Indonesia. Harapannya, layanan ini akan menjadi salah satu sarana bagi BNI untuk merebut pangsa pasar pengguna jalan raya tersebut. Tersedianya ATM Sepeda Motor menjadi inovasi BNI yang diharapkan dapat mengakomodir kepentingan atau kebutuhan nasabah dalam bertransaksi dengan cepat, aman, dan  nyaman, khususnya bagi pengendara sepeda motor.

Saat ini keberadaan ATM Sepeda Motor sudah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Sulawesi. BNI sejalan dengan visinya berkomitmen akan terus memberikan pelayanan prima kepada nasabah dengan menelurkan terobosan-terobosan serta strategi baru dalam bisnisnya.

 

 

Detil Inovasi

 
 
Tidak ada data
 
Tidak ada data
 

Pelaksanaan inovasi ATM Sepeda Motor ini diawali dengan strategi penentuan lokasi pembangunan ATM. Dalam menetapkan lokasi ATM Sepeda Motor, BNI selalu memperhitungkan berbagai aspek penting, diantaranya adalah:

  1. Aspek keamanan lokasi. Hal ini sangat penting karena nasabah yang melakukan transaksi di ATM tentu membutuhkan rasa aman dan nyaman dalam bertransaksi.
  2. Aspek potensi pasar, yang juga menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Lokasi yang dipilih adalah di tempat yang berpotensi memiliki tingkat penggunaan ATM yang tinggi serta dekat dengan pusat kota atau pusat keramaian.
  3. Aspek kedekatan dengan salah satu kantor cabang, yang dimaksudkan untuk memastikan pengawasan yang lebih baik.

Contohnya ATM Sepeda Motor di Jln Raya Margonda lokasinya dipilih karena aman, adalah jalan utama yang padat arus lalu-lintasnya, dan dekat dengan KCU Margonda.

 

Dengan adanya inovasi ATM Sepeda Motor ini, manfaat yang dirasakan antara lain:

  1. Bagi nasabah/masyarakat pengguna ATM

Memberikan kemudahan layanan atau transaksi, khususnya bagi pengendara sepeda motor tanpa harus turun dari kendaraan, tanpa harus mematikan mesin dan tanpa harus memarkir kendaraan. Hal ini akan meminimalisir adanya tambahan biaya parkir atau bahkan kehilangan motor ketika di ATM.

  1. Bagi perusahaan

Keberadaan ATM Sepeda Motor akan meningkatkan brand image BNI sebagai bank yang melayani semua segmen nasabah, sehingga diharapkan akan memicu peningkatkan transaksi baik inquiry (cek saldo), withdrawal (penarikan), maupun transfer untuk pengguna ATM Bersama (Bank Non BUMN) dan Link (Bank BUMN) yang pada akhirnya akan meningkatkan sumber pendapatan BNI terutama dari komisi atau fee based income.

 

Inovasi pelayanan ATM Sepeda Motor ini dapat direplikasi oleh organisasi lain, baik yang bergerak di bidang sejenis maupun berbeda, dengan prasyarat antara lain:

  1. Adanya komitmen dari perusahaan untuk terus berinovasi, menelurkan terobosan dan strategi baru dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder.
  2. Adanya dukungan dari pemerintah dengan lahirnya kebijakan-kebijakan yang relatif paralel sehingga dapat mendukung inovasi yang dilahirkan oleh sektor privat.
  3. Mampu membidik pangsa pasar serta lokasi pelayanan yang potensial sehingga mampu memberikan pelayanan secara optimal sejalan dengan upaya untuk meningkatkan pendapatan.
  4. Adanya evaluasi yang berjalan berkesinambungan untuk melihat perkembangan jalannya inovasi serta memperoleh masukan-masukan untuk terus-menerus menyempurnakan pelayanan.
 

Inovasi Lainnya