Detail Inovasi


e-PosLocker

Waktu Dibuat: Senin, 22 Januari 2018 | 10:09:07 WIB - Dilihat: 114, Diunduh: 69 Unduh
 

Produk Inovasi : e-PosLocker

Jenis Inovasi: Metode

Kelompok Inovator : BUMN / BUMD

Nama Instansi : PT Pos Indonesia (Persero)

Unit Instansi : PT Pos Indonesia (Persero) Kota Bandung

Penggagas :

Kontak Person : Kantor PT Pos Indonesia (Persero) Gedung Graha Pos Indonesia Jl. Banda No.30, Bandung

Sumber : - Annual Report 2014 PT Pos Indonesia (Persero) - Annual Report 2015 PT Pos Indonesia (Persero) - http://www.jabarprov.go.id - http://bandung.bisnis.com

Teknik Validasi : Data Sekunder

Tahun Inisiasi : 2014

Tahun Implementasi : 2014


Deskripsi

Sejarah memperlihatkan bahwa keberadaan PT Pos Indonesia (Persero) sangat panjang dalam melayani perposan di Indonesia. Kantor pos pertama kali didirikan pada tahun 1746 di Batavia (Jakarta saat ini) dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda. Sejak itulah pelayanan pos telah lahir mengemban peran dan fungsi pelayanan kepada publik.

Seiringnya waktu berjalan, PT Pos Indonesia (Persero) saat ini telah mampu bersaing dengan perusahaan lain dan menunjukkan inovasinya dalam pengembangan bidang perposan Indonesia dengan memanfaatkan sumber daya dan infrastruktur yang dimiliki. Berdasarkan data Annual Report Tahun 2015, PT Pos Indonesia (Persero) memiliki 29.475 pegawai yang terdiri dari 18.842 karyawan tetap dan 10.663 tenaga kontrak. Jumlah unit yang dimiliki sebanyak 47.050 buah yang terdiri dari : 4.561 kantor pos, 1.837 unit pelayanan pos bergerak, dan 40.652 unit pelayanan pos lainnya. Berbagai sumber daya dan infrastruktur tersebut menjadi modal utama PT Pos Indonesia (Persero) untuk bisa terus beradaptasi dan menjawab tuntutan kebutuhan masyarakat.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, sebagian besar kantor pos yang dimiliki sudah mulai online, serta dilengkapi electronic mobile pos di beberapa kota besar. Semua kantor pos online tersebut merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara terintegrasi. Sistem kode pos juga telah dikembangkan untuk mempermudah pemrosesan kiriman pos dimana tiap daerah di Indonesia mampu diidentifikasi dengan akurat dan tepat.

Mengikuti era kebutuhan teknologi informasi,

PT Pos Indonesia (Persero) mengembangkan layanan e-POSLocker, yaitu sebuah konsep parcel locker pertama di Indonesia yang memberikan keleluasaan waktu dan lokasi pengiriman dan penerimaan barang. Parcel locker adalah sebuah inovasi berbasis teknologi tinggi dari Gunnebo Indonesia salah satu produk dari kategori Bisnis Area Cash Handling Gunnebo yang dikembangkan dengan teknologi Amerika untuk diaplikasikan di seluruh dunia.  e-POSLocker menjadi bentuk pengembangan konsep PO Box yang ada, yang dilengkapi dengan teknologi berupa PIN khusus untuk operasionalisasi. Inovasi ini dilakukan agar    pelanggan menjadi lebih fleksibel dalam mengirim maupun menerima barang yang bersifat personal atau rahasia untuk langsung ke pihak yang dituju selama 24 jam dalam sehari.

 

Detil Inovasi

 
 
Tidak ada data
 
Tidak ada data
 

E-POSlocker resmi diperkenalkan pada Juni 2014, yang merupakan bentuk pengembangan konsep PO Box dan merupakan hal baru di Indonesia. E-POSLocker adalah electronic post box yang memuat pengembangan konsep baru tentang delivery system maupun mailing room. Ada 2 (dua) konsep yang dikembangkan, yaitu delivery dan pick-up service mailing. E-POSLocker merupakan suatu bentuk PO Box elektronik tetapi dengan mekanisme yang berbeda karena sudah dilengkapi dengan teknologi yang memudahkan pelanggan dan PT Pos Indonesia (Persero). Vendor e-commerce juga bisa menggunakan e-POSLocker sebagai sarana penerimaan atau pengiriman barang yang sesuai kebutuhan pelanggan, fleksibel dan modern.

E-POSlocker menggunakan layar sentuh yang mudah dioperasikan serta perangkat lunak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Cara menggunakan layanan e-POSLocker sangat mudah, cukup berkunjung ke situs www.poslocker.com, kemudian pengirim mendatangi kantor pos untuk menyimpan barang di loker terpilih dengan menyertakan data diri pengirim dan penerima. Di saat yang sama, e-POSLocker akan mengirim SMS yang berisi PIN kepada penerima. Penerima dapat mengambil paket tersebut kapanpun di lokasi loker e-POSLocker yang diinformasikan dengan memasukkan PIN, lalu penerima dapat mengambil paket dari loker.

Layanan e-PosLocker pertama dibuka di Kota Bandung, tepatnya di kantor pos Jl. Banda, Bandung. Di kantor pos Jl. Banda Kota Bandung, pada tahap awal sudah disediakan 54 locker, dengan rincian 28 unit ukuran small, 21 unit medium, 4 unit large, dan 1 unit extra large. Layanan ini akan dikembangkan dan dioperasionalkan di kantor pos pada kota-kota besar di seluruh Indonesi untuk melayani kebutuhan pelanggan. 

 

E-PosLocker merupakan sebuah konsep pengiriman dan penerimaan barang pertama di Indonesia yang memberikan keleluasaan waktu dan lokasi pengambilan barang bagi pelanggan. Dengan layanan ini, pelanggan dapat mengirimkan barang secara aman dan jaminan kerahasiaan karena penerima bisa langsung datang mengambil paket itu di loker yang telah tersedia di kantor pos. Layanan ini sangat mudah dan praktis karena pelanggan tidak perlu lagi mencatat alamat tujuan, melainkan alamat kantor pos yang menyediakan layanan e-PosLocker, sehingga bisa mengambil baranng di kantor pos yang telah ditunjuk tersebut.

E-PosLocker cocok dan tepat bagi pelanggan yang sibuk, suka traveling, pecinta belanja, ataupun penghuni apartemen. Terkadang mereka tidak berada di tempat ketika paket diantar, sehingga tukang pos membawa kembali barang itu. Layanan ini dapat berkembang dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dengan menerapkan teknologi tinggi yang dapat memberikan rasa aman.

Bagi PT Pos Indonesia (Persero), e-PosLocker merupakan upaya unntuk memenuhi kebutuhan di pangsa pasar bisnis. e-PosLocker merupakan bagian modernisasi pos untuk menunjang aktivitas bisnis yang menawarkan fleksibilitas dan variasi ukuran serta keleluasaan lokasi maupun waktu.

 

E-PosLocker merupakan pengembangan jenis PO Box sebelumnya, yang telah dilengkapi dengan teknologi modern. Sehingga ketika akan mereplikasi konsep sejenis harus disiapkan terlebih dahulu teknologi yang canggih dalam mendukung implementasinya. Teknologi ini diperlukan agar proses pengiriman dan penerimaan barang dapat berjalan dengan lebih praktis, aman dan fleksibel. Selain itu juga perlu dikembangkan suatu jejaring kerjasama agar proses pengimplementasiaan konsep ini dapat berjalan dengan lancar. Sebagai perintis layanan e-PosLocker di Indonesia, PT Pos Indonesia (Persero) juga terus mengembangkan jejaring dengan menggandeng sejumlah pihak, salah satunya kalangan pengembang apartemen, hal ini dilakukan agar nantinya penghuni apartemen bisa menggunakan e-PosLocker.

 

Inovasi Lainnya