Detail Inovasi


Pelayanan Jasa PPK “Pedaringan” Surakarta

Waktu Dibuat: Rabu, 6 Desember 2017 | 03:34:38 WIB - Dilihat: 43, Diunduh: 14 Unduh
 

Produk Inovasi : Pelayanan Jasa

Jenis Inovasi: Metode

Kelompok Inovator : BUMN / BUMD

Nama Instansi : PPK “Pedaringan” Surakarta

Unit Instansi : PPK “Pedaringan” Surakarta

Penggagas :

Kontak Person : Perusahaan Daerah Pusat Pergudangan Kota “PEDARINGAN” SURAKARTA Jl. Kentingan No. 1 Jebres Solo 57126 No. Telp (0271) 635138 Fax (0271) 647847

Sumber : - Kunjungan langsung ke Perusahaan Daerah Pusat Pergudangan Kota “Pedaringan” Surakarta - Company profile Perusahaan Daerah Pusat Pergudangan Kota “Pedaringan” Surakarta

Teknik Validasi : Observasi

Tahun Inisiasi :

Tahun Implementasi :


Deskripsi

Perusahaan Daerah Pusat Pergudangan Kota “Pedaringan” Surakarta (Perusda PPK “Pedaringan” Surakarta) pada awalnya bernama Pusat Pergudangan Kota “Pedaringan”. Pusat Pergudangan Kota “Pedaringan” ini didirikan tanggal 22 Oktober 1984 berdasarkan Perda No.4 Tahun 1984, dengan tujuan sebagai pusat pergudangan untuk mendukung kegiatan ekonomi dan bisnis kawasan Kota Solo dan sekitarnya.

Pada saat awal pendirian, Pusat Pergudangan Kota “Pedaringan” ini dikelola oleh BUMN, yaitu PT Bhanda Ghara Raksa  sampai tahun 1999. Kemudian, dari tahun 1999 – 2006, dikelola oleh Pemerintah Kota Surakarta. Selaras dengan tekad Pemerintah Kota Surakarta untuk mewujudkan pengelolaan dan pengembangan Pusat Pergudangan Kota “Pedaringan” menjadi lebih baik dan profesional maka ditetapkanlah Perda No. 3 Tahun 2009 tentang Pendirian Perusahaan Daerah Pusat Pergudangan Kota “Pedaringan” Surakarta (Perusda PPK “Pedaringan” Surakarta).

Perusahaan yang lebih dikenal dengan nama Pedaringan Solo ini merupakan sebuah perusahaan yang berfungsi untuk menopang aktivitas pergudangan masyarakat, dimana jasa pergudangan juga memegang peranan penting dalam dinamisasi perekonomian di Surakarta. Perusahaan ini didirikan untuk menghindari banyaknya jalan yang rusak di Kota Surakarta akibat truk-truk besar yang melintas di kawasan kota. Sebelum adanya perusahaan ini, kegiatan pergudangan di Surakarta tersebar secara sporadis di beberapa titik dengan kapasitas serta fasilitas pergudangan yang terbatas. Keberadaan Pedaringan Solo sebagai salah satu upaya dalam menertibkan serta meningkatkan layanan dan fasilitas pergudangan di Surakarta.

Pedaringan Solo menyediakan jasa penyimpanan atau pergudangan berbagai jenis barang, jasa parkir kendaraan angkutan logistik, jasa bongkar muat barang (pekerja dan peralatan bantu) dan jasa angkutan. Selama ini, Pedaringan Solo menangani pengiriman logistik PT Chandra Asri Petrochemical yang merupakan perusahaan penghasil biji plastik terbesar se-Asia Tenggara untuk dikirim ke wilayah Jateng dan Jatim. Selain itu, dengan PT Branita Sandhini mengangkut hasil panen jagung ke berbagai daerah di Jawa. Disamping itu juga kerjasama dengan PT Richland Logistik Indonesia untuk mengangkut produk industri. Kerja sama logistik ini tidak hanya dengan perusahaan besar yang ada di luar Surakarta tapi juga perusahaan lokal seperti PT Indo Asia Tirta Manunggal, PT Tyfountex Indonesia, dan beberapa perusahaan lain.

Seiring dengan perkembangan dunia global dan persaingan industri dengan hadirnya pasar bebas antar negara, maka Pedaringan Solo tidak hanya mempunyai fokus pada permasalahan lokal di Kota Surakarta, namun juga harus siap bersaing dan meningkatkan kualitas pelayanan secara berkesinambungan. Ide dan gagasan baru dalam pelayanan jasa harus selalu dimunculkan oleh sumber daya manusia Pedaringan Solo sebagai wujud pelayanan prima kepada pelanggan.

 

Detil Inovasi

 
 
Tidak ada data
 
Tidak ada data
 

Pedaringan Solo merupakan suatu kawasan yang memang telah dipersiapkan dan merupakan suatu inisiatif dari Pemerintah Kota Surakarta untuk menjadi pusat pergudangan dan pusat distribusi barang di wilayah Surakarta dan sekitarnya. Pedaringan Solo memiliki daya tarik dan nilai tambah bagi pelaku bisnis karena terletak di jalur ekonomi utama sehingga sangat menunjang dalam bisnis pergudangan, transportasi dan usaha lainnya. Dalam memberikan pelayanan yang berkualitas bagi pelaku bisnis yang menggunakan jasanya, Pedaringan Solo terus berupaya melakukan inovasi dalam pelayanan jasa yang disediakan. Bahkan untuk lebih memberikan keamanan dan kepuasan perusahaan-perusahaan pengguna jasa Pedaringan Solo, telah dilakukan kerjasama dengan Perusahaan Asuransi  untuk  menjamin jika terjadi kerusakan dan kehilangan.

Pengembangan pelayanan jasa yang dilakukan oleh Pedaringan Solo terkait berbagai pelayanan yang diberikan seperti : jasa pergudangan terpadu, jasa angkutan barang dan berbagai jasa lainnya. Pelayanan jasa pergudangan terpadu semakin lengkap dengan didukung oleh fasilitas gudang yang bisa disewa dengan luas mencapai total 12.336 m2, terdiri dari 9 (sembilan) unit gudang dengan halaman gudang yang luas sehingga mudah untuk manuver truk-truk besar. Letak gudang pun sangat strategis karena bebas dari banjir dan keamanan terjamin. Areal parkir yang tersedia seluas 10.700 m2 dan bebas banjir pula. Tersedia juga gudang terbuka seluas lebih dari 11.200 m2 dan dapat melayani permintaan fasilitas gudang pribadi (private warehouse). Tersedia forklift yang selalu siap dipergunakan mendukung kegiatan. Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas telepon, listrik PLN, jaringan internet dan water hydrant. Berbagai fasilitas yang ada ditunjang oleh jajaran personil / staff yang berpengalaman dan menjunjung tinggi etika bisnis serta tenaga bongkar muat yang berpengalaman, disiplin dan siap melayani stuffing, packing dan labeling.

Jasa angkutan barang yang diberikan oleh Pedaringan Solo dapat melayani jasa angkutan barang secara tepat waktu, aman dengan tarif yang bisa bersaing untuk transportasi, dalam dan luar kota, bahkan bisa mencapai ke seluruh kawasan Indonesia. Sedangkan jasa lainnya terwujud dalam tersedianya terminal parkir seluas 10.700 m2 dengan daya tampung sebanyak 350 unit bus dan truk. Tersedia pula bengkel, tambal ban, cuci kendaraan, kantin, toilet/MCK dan tempat ibadah berupa masjid. Seluruh jasa tersebut tersedia dengan tarif parkir yang ekonomis dan keamanan yang terjamin.

 

Pengelolaan Pedaringan Solo yang semakin berkembang dalam berbagai pelayanan jasa pergudangan terpadu, jasa angkutan barang dan jasa lainnya telah membawa Walikota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo, mendapatkan penghargaan sebagai Top Pembina BUMD 2016. Walikota Surakarta dinilai berhasil dalam membina Pedaringan Solo untuk berperan dalam pembangunan Kota Surakarta.

Peran Pedaringan Solo dalam pembangunan Kota Surakarta dilakukan melalui berbagai pelayanan jasa yang dilakukan selama  ini. Manfaat berbagai pelayanan jasa yang dilakukan antara lain :

  1. Bagi masyarakat

Program yang berbasis pada layanan jasa pergudangan terpadu, jasa angkutan barang, jasa parkir dan jasa sewa ruang ini dapat membantu masyarakat khususnya para pengusaha dalam mengatur dan mengelola barang dan aliran logistik secara efisien, aman dan efektif.

  1. Bagi perusahaan

Dalam suatu aliran logistik, tentu terdapat banyak aktivitas yang mendukung sehingga misi logistik yaitu right place, right goods, dan right time dapat tercapai.

  1. Bagi Pemerintah Daerah

Terwujudnya lingkungan perkotaan yang lancar,  aman dan tertib dari berbagai  timbunan barang-barang komoditas dan hasil  produksi  dari berbagai perusahaan. Serta adanya kontribusi  bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD)  yang bersumber dari  Pedaringan Solo.

 

Inovasi di bidang jasa pergudangan terpadu, jasa angkutan barang, jasa parkir dan jasa sewa ruang ini dapat direplikasi oleh pemerintah daerah lain, dengan prasyarat antara lain: adanya kerangka yang jelas  dalam pengembangan Perusahaan Daerah yang bergerak di bidang jasa pergudangan terpadu, jasa angkutan barang, jasa parkir dan jasa sewa ruang ini sehingga mempermudah pelaksanaan tiap tahapannya. Dalam hal ini, dibutuhkan juga informasi terkait dengan Rencana Tata Ruang, tersedianya lahan yang memadai serta adanya dukungan regulasi daerah yang kuat, serta dukungan anggaran daerah yang cukup. Disamping itu, juga diperlukan adanya kerjasama dengan berbagai perusahaan di lingkungan pemerintah daerah.

 

Inovasi Lainnya