Detail Inovasi


Pengembangan Wahana Baru Ancol

Waktu Dibuat: Rabu, 6 Desember 2017 | 03:30:37 WIB - Dilihat: 27, Diunduh: 12 Unduh
 

Produk Inovasi : Pengembangan Wahana Baru Ancol

Jenis Inovasi: Produk

Kelompok Inovator : BUMN / BUMD

Nama Instansi : PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk

Unit Instansi : PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk

Penggagas :

Kontak Person : PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Ecovention Building Jl. Lodan Timur No. 7 Jakarta 14430 Telp : +62 21 645 4567 Fax : +62 21 6471 0502 customercare@ancol.com

Sumber : - Paparan PT Pembangunan Jaya Ancol dalam Diskusi Terbatas LAN - https://www.ancol.com/

Teknik Validasi : Observasi

Tahun Inisiasi :

Tahun Implementasi :


Deskripsi

PT Pembangunan Jaya Ancol adalah salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Bidang usaha yang digeluti perusahaan tersebut adalah properti/real estate, kawasan pariwisata/ rekreasi, dan perhotelan, jasa konsultasi, bidang perencanaan dan pembangunan, dan sarana olah raga. Perusahaan ini telah go public sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dalam menanam saham di BUMD ini.

Visi yang diemban oleh perusahaan yang sebagian besar sahamnya dimiliki Pemprov DKI Jakarta sudah menunjang dalam menjalankan eksistensinya di sektor hiburan. Visi tersebut adalah “Menjadi perusahaan pengembang properti dengan kawasan wisata terpadu terbesar dan terbaik di Asia Tenggara yang memiliki jaringan sentra rekreasi terluas”. Untuk menjabarkan visi, tentunya ada langkah yang lebih konkret yang tertuang dalam misi. Misi yang diusung adalah sebagai komunitas pembaruan kehidupan masyarakat yang menjadi kebanggaan bangsa. Senantiasa menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik melalui sajian hiburan berkualitas yang berunsur seni, budaya dan pengetahuan, dalam rangka mewujudkan komunitas ‘Life Re-Creation’ yang menjadi kebanggaan bangsa.

Setiap organisasi pasti mempunyai nilai dan budaya dalam menjalankan  kinerjanya. Nilai yang dipegang oleh PT Pembangunan Jaya Ancol ada 6 (enam) hal yaitu integritas, belajar terus menerus, terpanggil, berpikir kreatif, peduli sesama dan bertanggung jawab. Nilai tersebut harus selalu dipegang dari pimpinan atas sampai staf terbawah sesuai dengan fungsi mereka dalam melaksanakan pekerjaan.

PT Pembangunan Jaya Ancol pada saat ini harus lebih peka terhadap perkembangan bisnis yang ada. Maraknya industri yang sejenis membuat pihak perusahaan harus membuat solusi untuk mengatasinya. Situasi persaingan bisnis di industri rekreasi ke depan akan semakin ketat membuat tuntutan inovasi menjadi sesuatu yang tidak bisa dielakan/keniscayaan.

Inovasi yang tengah dikembangkan oleh PT ini adalah terus mengembangkan wahana terbaru secara inovatif. Pengembangan wahana merupakan hal penting untuk segera dilakukan agar pengunjung setia Taman Impian Jaya Ancol tidak beralih ke tempat hiburan yang lain.

 

Detil Inovasi

 
 
Tidak ada data
 
Tidak ada data
 

Pengembangan wahana baru adalah salah satu upaya yang dikembangkan oleh pihak PT Pembangunan Jaya Ancol dalam rangka menjaga eksistensi mereka di sektor hiburan ibukota. Sebagai upaya untuk menunjang keberlangsungan bisnis, unit bisnis rekreasi berfokus pada 5 (lima) pilar prinsip bisnis sebagai konsep dasar dan strategi dalam pengembangan bisnis, yaitu : hospitality, innovation, marketing, financial dan administration.

 

Sumber : https://www.ancol.com/

Dalam hal inovasi, PT Pembangunan Jaya Ancol lebih menitikberatkan pada pengembangan wahana baru. Inovasi-inovasi baru terus dipikirkan dan dikembangkan sebagai wujud konsisten untuk selalu memberikan hiburan yang menarik bagi pelanggan. Bahkan dalam pengembangan wahana baru, pelanggan senantiasa diajak untuk terlibat memberikan pendapat dan aspirasi mengenai wahana baru seperti apa yang diinginkan. Hal ini dilakukan agar pelanggan merasa dihargai pendapatnya dan didengarkan keinginannya, karena secara tidak langsung merekalah yang akan menggunakan berbagai wahana baru tersebut.

 

Pada tahun 2016 telah dikembangkan berbagai wahana baru seperti : Fantasy Light, Dufan extention, Swimming with Fish (Atlantis Water Adventure), Promenade Sea side Suki, Jelly Fish Aquarium (Seaworld Ancol), Train inner transfortation (Pantai Timur) dan Dolhin Bay  (Ocean Dream Samudra). Beberapa ide dan gagasan wahana tersebut merupakan aspirasi dari pelanggan itu sendiri. Pelanggan diajak diskusi oleh Taman Impian Jaya Ancol untuk diminta masukan dan pendapatnya mengenai inovasi dalam pengembangan wahana baru.

Setelah wahana baru tersebut berhasil diciptakan, maka PT Pembangunan Jaya Ancol melakukan berbagai usaha promosi terhadap keberadaan wahana baru tersebut. Sebagai tempat hiburan yang besar, masyarakat secara luas akan penasaran dan tertarik terhadap berbagai wahana baru yang dimunculkan di Ancol. Oleh karena itu, usaha promosi harus selalu digalakkan untuk menarik sebanyak-banyaknya pelanggan yang ingin menikmati hiburan di Ancol.

 

Inovasi untuk selalu mengembangkan wahana yang baru bagi  PT Pembangunan Jaya Ancol merupakan suatu keharusan. Inovasi memang hal yang tidak bisa dihindari jika ingin memenangkan persaingan, khususnya di sektor hiburan . Berikut beberapa manfaat yang dapat diambil dari inovasi tersebut :

  1. Meningkatkan jumlah pengunjung yang penasaran dengan adanya peremajaan wahana yang terus dilakukan oleh PT Pembangunan Jaya Ancol yang rutin setiap tahun; dan
  2. Diharapkan terjadi peningkatan pendapatan yang diperoleh oleh pihak pengelola dikarenakan adanya lonjakan pengunjung yang ingin merasakan wahana terbaru yang ada di tempat tersebut.
 

PT Pembangunan Jaya Ancol patut berbangga karena telah eksis di dunia hiburan ibukota mengingat rival yang bermunculan tidak sedikit yang memiliki bidang usaha sejenis. Keberhasilan replikasi dari inovasi tersebut tentunya harus memenuhi prasyarat sebagai berikut:

  1. Adanya komitmen yang kuat untuk terus melakukan inovasi secara rutin setiap tahun.
  2. Promosi dan sosialisasi yang dilakukan secara intensif untuk menarik minat pengunjung.

Faktor replikasi ini merupakan beberapa kunci dari kesuksesan PT Pembangunan Jaya Ancol sebagai pelopor BUMD yang bergerak di sektor hiburan dan mampu go public. Replikasi ini tentunya masih harus disesuaikan kembali dengan kebutuhan dari perusahaan itu sendiri.

 

Inovasi Lainnya