E-DIREKTORI


Direktori Inovasi Administrasi Negara

e-Direktori Inovasi AN ini merupakan instrumen untuk menjaring inovasi administrasi negara secara lebih luas. Tujuannya adalah untuk menyediakan bank data (koleksi rujukan/ kebijakan/ pedoman/ model) inovasi bidang administrasi negara yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan inisiasi, imitasi dan replikasi inovasi.

Pengisian instrumen ini dilakukan oleh stakeholders yang telah berhasil melakukan inovasi. Stakeholders mencakup Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN/ BUMD, Swasta, LSM/ NGO, dan masyarakat.

Submit Inovasi Login
Displaying 21-30 of 200 results.
Kelompok Inovator Nama Instansi Nama Inovasi Deskripsi Jenis Inovasi
BUMN / BUMDPT Pos Indonesia (Persero)M-PosPay : Transaksi Pembayaran via Ponsel

PT Pos Indonesia (Persero) sebagai perusahaan yang sudah berusia panjang dan sejak lahir telah mengemban pelayanan pos sebagai fungsi pelayanan kepada masyarakat. Sejak didirikan kantor pos pertama kali tahun 1746 di Batavia (Jakarta saat ini), sudah pasang surut usaha bisnis yang telah dilalui. Tetapi semua itu menjadikan PT Pos Indonesia (Persero) menjadi sebuah BUMN yang kokoh dan stabil. PT Pos Indonesia (Persero) pernah mengalami masa surut ketika kiriman surat mulai tergantikan oleh hadirnya SMS dan email. Namun, PT Pos Indonesia (Persero) terus selalu berusaha untuk berkompetisi dan menyesuaikan diri agar tetap eksis bersanding dengan perusahaan lainnya di modernisasi teknologi informasi saat ini.

Dibalik penurunan yang pernah terjadi, PT Pos Indonesia (Persero) mencoba melakukan revitalisasi bisnis perusahaan agar dapat mencapai tujuan yang direncanakan. Revitalisasi bisnis ini dilakukan sebagai dasar untuk menciptakan nilai perusahaan yang lebih besar di tahun-tahun mendatang. Terobosan baru selalu diluncurkan untuk memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas. Inovasi yang dihasilkan diarahkan pada pengembangan pelayanan pos yang berbasis teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi saat ini telah merubah perilaku masyarakat, termasuk juga dalam pelayanan pos sehingga perlu melakukan adaptasi.

Mobile Pos Payment (M-PosPay) merupakan terobosan inovasi dari PT Pos Indonesia   (Persero) yang berbasis teknologi informasi sebagai pengembangan layanan PosPay. M-PosPay merupakan aplikasi android yang mudah dan secara gratis dapat diunduh dari smartphone. Aplikasi membantu pelanggan secara mudah dan cepat untuk melakukan berbagai macam transaksi pembayaran melalui ponsel. M-PosPay diharapkan bisa memudahkan proses transaksi berbagai layanan jasa keuangan. Model pengembangan sistem pembayaran seperti ini merupakan suatu terobosan dari PT Pos Indonesia   (Persero) yang menyesuaikan kebutuhan transaksi non-tunai. M-PosPay juga diciptakan dengan memanfaatkan tren penggunaan smartphone yang sedang marak dan meningkat dalam masyarakat beberapa waktu ini.

Teknologi
BUMN / BUMDPT Semen Indonesia (Persero) Tbk.One Village One Product (OVOP) Semen Indonesia

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. merupakan BUMN yang bergerak di bidang persemenan dengan jangkauan dan pangsa pasar terbesar di Indonesia bahkan di tingkat Asia. PT Semen Indonesia merupakan BUMN pertama yang berstatus multi national corporation. Transformasi yang dilakukan tergolong tidak mudah. Semen Indonesia yang dahulunya bernama Semen Gresik banyak mengakuisisi perusahaan sejenis dan membangun pabrik semen baru untuk mengembangkan kapasitas produksi sebagai strategi menangkap tren peningkatan demand nasional yang diproyeksikan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

Dalam upaya meningkatkan kinerja Korporasi, dibentuklah Strategic Holding Company sebagai bahan dari transformasi korporasi dengan memetakan fungsi strategis dan operasional. Selain tersebut, Semen Indonesia juga meningkatkan efektifitas konsolidasi di lingkungan Semen Indonesia Group (SMIG) sebagai upaya meningkatkan soliditas operating company.

Sebagai salah satu wujud dari misi perusahaan yaitu “Mewujudkan tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan”, Semen Indonesia memiliki program inovatif sebagai pelaksanaan dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

One Village One Product (OVOP) hadir sebagai bentuk tanggung jawab sosial bagi masyarakat sekitar yang selama ini bisa dikatakan telah memberikan sumberdaya alamnya untuk memajukan BUMN tersebut.  Program ini terpicu dari melihat potensi lokal di desa-desa sekitar pabrik Tuban yang memiliki hasil produk lokal yang memiliki nilai rendah sehingga tidak mampu bersaing di pasar. Seperti contoh di Desa Karanglo, memiliki hasil perkebunan berupa ketela pohon yang melimpah. Masyarakat setempat hanya menjual ubinya tanpa diolah terlebih dahulu menjadi produk yang bernilai tinggi sehingga berdampak pada perekonomian yang rendah pula. Untuk itulah perlu dilakukan langkah dalam rangka peningkatan taraf hidup & kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat ring 1 (sekitar pabrik). Pemberdayaan masyarakat di ambil sebagai langkah efektif untuk meningkatkan kesejahteraannya dibandingkan dengan pemberian uang tunai langsung.

Bisa dikatakan bahwa program One Village One Product (OVOP) adalah pendekatan pengembangan potensi daerah di satu wilayah untuk menghasilkan satu produk unggulan kelas global yang unik dan mengangkat produk khas daerah dengan memanfaatkan sumber daya lokal namun tetap menjaga kelestarian lingkungan. Tujuannya tentu saja menggali dan mempromosikan produk inovatif dan kreatif lokal dari sumber daya yang bersifat unik khas daerah, bernilai tambah tinggi, memiliki image dan daya saing tinggi dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Melalui program ini masyarakat diajak untuk berfikir bersama tentang produk apa yang akan menjadi unggulan mereka lalu dikembangkan menjadi produk yang bernilai jual lebih tinggi.

Program ini bisa dikatakan juga sebagai program kemitraan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dimana desa yang berada di sekitar pabrik Semen Indonesia, seperti di Gresik, Tuban, Padang, dan Tonasa, diberikan kesempatan untuk mengembangkan UMKM-nya. Tujuannya adalah : 1) Menggali dan mempromosikan produk inovatif dan kreatif lokal yang bersifat unik khas desa dengan daya saing yang tinggi; 2) Tercipta pengembangan IKM yang berdaya saing tinggi di pasar domestik dan global; 3) Pemberdayaan masyarakat sekitar Pabrik dalam rangka mewujudkan kemandirian; 4) Peningkatan taraf hidup & kesejahteraan masyarakat sekitar Pabrik; 5) Mendukupng program pemerintah dalam mencapai tujuan dari MDGs; dan 6) Meningkatkan brand image Perusahaan.

Agar program ini dapat berjalan tentu saja dibutuhkan strategi yang tepat. Oleh karena itu Semen Indonesia membentuk tim untuk memetakan potensi desa sekitar sebelum dilakukan sosialisasi. Desa percontohan juga ditentukan untuk melihat prosesnya sebelum dilakukan dalam skala yang lebih besar. Pembinaan masyarakat dan pendampingan dalam pemasaran produk dilakukan untuk memastikan ada peningkatan nilai produk. Salah satu bentuk pemasarannya adalah dengan menggelar Semen Indonesia Expo 2016 dimana wirausahawan baru dari mitra binaan (38 mitra binaan pada 2016) serta mitra kerja di setiap HUT PT Semen Indonesia. Produk unggulan seperti batik, makanan, mebel, fashion dan aneka kerajinan kulit diperkenalkan di acara tersebut. Disamping itu menjadi  sarana rekreasi dan hiburan masyarakat yang diramaikan dengan kegiatan pentas musik setiap malam. Dengan begitu lebih banyak lagi masyarakat yang mengenal program tersebut sehingga pada akhirnya bisa memperbanyak daerah binaan dalam rangkan mewujudkan misi sosial dari perusahaan.

Sumber Daya Manusia
BUMN / BUMDBPJS Ketenagakerjaan Pelayanan PRIMA BPJS Ketenagakerjaan

Penyelenggaraan program jaminan sosial merupakan salah satu tangung jawab dan kewajiban negara. Bangsa Indonesia juga mengembangkan program jaminan sosial dalam rangka memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat. Kemudian pada Tahun 2011, ditetapkanlah UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Sesuai dengan amanat Undang-Undang tersebut, tanggal 1 Januari 2014, PT Jamsostek berubah menjadi Badan Hukum Publik. PT Jamsostek (Persero) menjadi BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan yang tetap dipercaya untuk menyelenggarakan program jaminan sosial tenaga kerja, yang meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dengan penambahan Jaminan Pensiun mulai 1 Juli 2015. Menyadari tanggungjawab yang besar dan mulia tersebut, BPJS Ketenagakerjaan berusaha terus meningkatkan kompetensi di bidang pelayanan dan mengembangkan berbagai program dan manfaat yang langsung dapat dinikmati oleh pekerja dan keluarganya. Kini dengan sistem penyelenggaraan yang semakin maju, berbagai program BPJS Ketenagakerjaan juga dapat berkontribusi bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi bangsa dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Nilai yang diterapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan turut pula mendukung visi organisasi untuk mewujudkan pelayanan prima yaitu : Iman, Ekselen, Teladan, Harmoni,  Integritas, Kepedulian dan Antusias. Pada tahun 2016 ini, BPJS Ketenagakerjaan telah memahami benar bahwa pelayanan harus diprioritaskan sehingga kepuasan customer dapat terwujud.  Untuk itulah, tahun 2016 ini BPJS Ketenagakerjaan mencanangkan konsep Friendly Service. Konsep ini, merupakan salah satu milestone BPJS Ketenagakerjaan untuk mempercepat upaya menuju Organisasi yang menerapkan konsep World Class Service pada tahun 2018.

Konsep Friendly Service adalah sebuah sistem pelayanan yang mengarah pada  implementasi e-Service di seluruh Kantor Cabang, meraih penghargaan pelayanan publik, pelayanan  e-payment dan e-report, pengembangan  SLA layanan dan penanganan pengaduan, empowering case manager, implementasi Program JKK-RTW dan JHT, JK dan Jaminan Pensiun.

Selain konsep Friendly Service, BPJS Ketenagakerjaan juga terus menjalankan pelayanan PRIMA. PRIMA disini adalah Peduli, Ringkas, Interaktif, Modern dan Aktif yang menjadi nilai dan perilaku dalam pelayanan BPJS Ketenagakerjaan. Terkait hal ini pula telah diatur dalam Peraturan Direksi No : PERDIR/02/020216 perubahan atas PERDIR Nomor : PERDIR/21/092015 tentang standar Pelayanan Prima BPJS Ketenagakerjaan. Bahkan, Service Blue Print mulai berlaku sejak Tahun 2014. Hal ini dilakukan sebagi upaya untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.

 

Konseptual
BUMN / BUMDPT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)Pelayanan Three in One PT PELNI

 PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (yang selanjutnya ditulis PT. PELNI) adalah perusahaan pelayaran nasional yang menyediakan jasa transportasi laut, meliputi jasa angkutan penumpang, dan muatan barang antar pulau. Saat ini perusahaan mengoperasikan 26 kapal penumpang, 46 kapal perintis, 6 kapal barang tol laut dan 1 kapal ternak.

PT. PELNI dalam melaksanakan tanggung jawabnya tidak hanya terbatas melayani rute komersial, tetapi juga melayani pelayaran dengan rute pulau-pulau kecil terluar. Saat ini kapal Pelni meninggahi 95 pelabuhan kapal penumpang dan lebih dari 300 pelabuhan kapal perintis dengan 46 kantor cabang dan dilayani di 400 travel agen yang tersebar di seluruh Indonesia.

PT. PELNI mempunyai visi “Menjadi Perusahaan Pelayaran yang Tangguh dan Pilihan Utama Pelanggan”. Adapun misi yang diemban yaitu:

  1. Mengelola dan mengembangkan angkutan laut guna menjamin aksesibilitas masyarakat untuk menunjang terwujudnya wawasan nusantara.
  2. Meningkatkan kontribusi pendapatan bagi negara, karyawan serta berperan di dalam pembangunan lingkungan dan pelayanan kepada masyarakat.
  3. Meningkatkan nilai perusahaan melalui kreativitas, inovasi, dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia.
  4. Menjalankan usaha secara adil dengan memperhatikan azas manfaat bagi semua pihak yang terlibat (Stakeholders), dan menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG).

Dalam menjalankan programnya, PT. PELNI melalukan sebuah terobosan yaitu Pelayanan three in one yaitu pelayanan angkutan kapal dengan mengintegrasikan kapal penumpang, kendaraan dan peti kemas. Dengan adanya pelayanan three in one ini diharapkan agar pelayanan kapal Pelni lebih praktis, mampu mengangkut semua komoditas termasuk ke daerah terpencil dan kawasan perbatasan.

Salah satu kapal yang telah melaksanakan pelayanan three in one adalah KM Dobonsolo dengan rute Semarang-Jakarta. Hal ini mulai dilaksanakan dalam musim mudik Lebaran tahun 2015. KM Dobonsolo adalah salah satu kapal tipe 2.000 milik PT PELNI. Kapal tersebut sudah direnovasi menjadi single class yang juga mampu mengangkut petikemas atau kargo.

 

Produk
BUMN / BUMDPT Bank Tabungan Negara (Persero) TbkPortal BTN Properti

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk yang lebih dikenal dengan nama Bank BTN memiliki riwayat yang panjang dalam bisnis perbankan di Indonesia. Bank BTN selalu berusaha untuk memenuhi keinginan masyarakat yang beranekaragam, sehingga berbagai program siap disediakan dalam produk pembiayaan, simpanan dan produk syariah. Sebagai salah satu Bank yang fokus pada pembiayaan perumahan, Bank BTN mempunyai tujuan untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan keinginan memiliki rumah. Bahkan pada Tahun 2015, Bank BTN mempunyai peran penting dalam membantu program Pemerintah dalam membangun Sejuta Rumah Untuk Rakyat. Bank BTN ditunjuk sebagai salah satu Bank yang mendukung program Pemerintah tersebut melalui pembiayaan Kredit Perumahan Rakyat (KPR).

Permasalahan yang terjadi dalam perumahan di Indonesia adalah adanya backlog yang mencapai 13,7 juta lebih unit rumah yang harus disediakan oleh Pemerintah. Sehingga untuk mengatasi problematika tersebut diperlukan peran bersama-sama dari semua pihak dalam menanganinya. Bank BTN selaku salah satu bank pelopor pembiayaan perumahan di Indonesia mengembangkan salah satu terobosan baru yaitu Portal BTN Properti, sebagai salah satu solusi permasalahan perumahan di Indonesia.

Portal BTN Properti diluncurkan pada tanggal 9 Februari 2015 sebagai inovasi baru dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pengembang dalam memenuhi kebutuhan perumahan di Indonesia. Semua hal yang terkait kebutuhan terhadap rumah dengan mudah dan cepat diperoleh secara online oleh masyarakat dan pengembang melalui portal BTN properti. Melalui portal ini Bank BTN menjawab apa yang diperlukan masyarakat tentang kebutuhan rumah.

Fitur-fitur dikembangkan sebagai upaya memfasilitasi kebutuhan masyarakat dan pengembang di dalam portal. Berita seputar properti dan informasi terkini tersedia dalam portal BTN properti tersebut. Secara umum, dengan portal ini akan mempermudah dalam pencarian properti yang sesuai dengan keinginan pelanggan, segala informasi disediakan untuk menunjang kebutuhan akan perumahan. Dalam portal tersebut, dipasarkan dan dijual berbagai rumah serta apartemen baru dengan beragam pilihan spesifikasi. Portal BTN properti ini dinilai sebagai bentuk respon terhadap besarnya kebutuhan rumah dan jumlah pengguna internet di Indonesia.

Metode
BUMN / BUMD PT Jasa Raharja Program Host To Host Jasa Raharja

Semua orang pasti tidak ingin mereka maupun anggota keluarganya mengalami kecelakaan di jalan raya. Kenyataannya, di beberapa kota besar telah terjadi kecelakaan di jalan raya setiap harinya. Kecelakaan dapat berupa luka ringan bahkan sampai dengan memakan korban jiwa.

Sebagian besar media massa hanya mengekspos kejadian kecelakaan dalam pesawat terbang, kereta api maupun kapal laut. Beberapa kecelakaan tersebut langsung menjadi sorotan dikarenakan dalam sekali kejadian merenggut ratusan jiwa. Padahal, kecelakaan yang terjadi di jalan raya hampir setiap hari tersebut kalau diakumulasikan dalam hitungan tahun juga lumayan banyak dari segi jumlah. Namun sayangnya, pihak-pihak terkait tidak seberapa memperhatikan kejadian kecelekaan di jalan raya tersebut. Kondisi mengerikan seperti itu dianggap sebagai peristiwa biasa dan bahkan angin lalu. Faktanya, kecelakaan lalu lintas sudah menjelma menjadi penyakit yang begitu ganas. Kita seakan tak merasakan apa-apa meski, dari catatan Kepolisian Republik Indonesia Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas jalan ini, kita harus bekerja bersama-sama. Kenaikan angka kecelakaan di jalan raya yang berlangsung setiap tahun harus ditekan oleh semua pihak dan mencari solusi bersama.

Mungkin kecelakaan tidak dapat diprediksi kapan waktunya. Akan tetapi, kita bisa mengurangi dampak yang dialami anggota keluarga yang terlibat dalam kecelakaan. Asuransi jaminan kecelakaan merupakan hal yang sangat dibutuhkan terkait dengan perihal tersebut. Salah satu lembaga yang berwenang mengelola jaminan asuransi kecelakaan adalah PT Jasa Raharja. Penyantunan korban kecelakaan lalu lintas menjadi komitmen serius Jasa Raharja. Lembaga ini memberikan perlindungan kepada korban kecelakaan lalu lintas. Tidak semua korban kecelakaan terjamin, hanya mereka yang masuk dalam ruang lingkup UU No. 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang serta UU No. 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

 

Jasa Raharja terus berinovasi untuk memberikan layanan yang makin prima kepada para tertanggung (korban kecelakaan yang termasuk dalam jaminan Jasa Raharja). Jasa Raharja berupaya keras untuk memberikan pelayanan terbaik bagi korban kecelakaan lalu lintas. Inovasi pelayanan harus terus dilakukan karena Jasa Raharja ingin semua yang berhak mendapatkan perlindungan dasar bisa terlayani dengan baik.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pihak tertanggung, PT Jasa Raharja mencetuskan sebuah inovasi yaitu Host To Host. Program ini akan menggandeng dua instansi terkait yaitu Pihak Rumah Sakit dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Inovasi diharapkan dapat mempercepat proses pelayanan kepada pihak tertanggung. Kemudahan proses ini semoga dapat meringankan beban pihak tertanggung dan anggota keluarganya.

Hubungan
BUMN / BUMDPerusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum BULOG) Rumah Pangan Kita (RPK) Perum BULOG

Perum BULOG adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang logistik pangan. Usaha yang dilakukan meliputi bisnis di bidang usaha logistik/pergudangan, survei dan pemberantasan hama, penyediaan karung plastik, usaha angkutan, perdagangan komoditi pangan dan usaha eceran. Sebagai perusahaan milik negara, Perum BULOG juga mempunyai tugas pelayanan publik sebagai bagian dari pemerintah seperti : melakukan kegiatan menjaga Harga Dasar Pembelian untuk gabah, stabilisasi harga khususnya harga pokok, menyalurkan beras untuk orang miskin (Raskin) dan pengelolaan stok pangan.

Perum BULOG sebagai perusahaan milik pemerintah mempunyai berbagai tugas sesuai dengan amanah yang diberikan. Penugasan Perum Bulog sesuai yang tertuang dalam berbagai kebijakan, seperti : Perpres Nomor 48 Tahun 2016 tentang Penugasan Kepada Perum BULOG Dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2016 tentang Perusahaan Umum (Perum) BULOG dan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kebijakan Pengadaan Gabah/Beras dan Penyaluran Beras oleh Pemerintah.

Dalam upaya melaksanakan berbagai penugasan tersebut, saat ini Perum BULOG mempunyai kekuatan jaringan yang sangat luas di seluruh Indonesia, antara lain : 26 kantor divisi regional, 130 kantor Subdivre/Kansilog, 1.478 unit gudang, 3,7 juta ton kapasitas gudang, 132 unit Unit Pengelolaan Gabah Beras (UPGB), sistem IT dengan on-line Selindo dan 58.226 titik distribusi. Dengan sumber daya seperti itu dan untuk mewujudkan fully integrated agribusiness company, Perum BULOG merencanakan usaha ke depan, seperti : strategic alliance kemitraan meningkatkan kapastian suplai dan pasar, modernisasi dan peningkatan kapasitas UPGB, modernisasi dan reposisi gudang sebagai pusat distribusi, peningkatan kapasitas on farm mandiri dan diferensiasi produk, pengembangan pasar PSO dan umum. 

Sebagai upaya dan strategi dalam meningkatkan pelayanan, Perum BULOG berusaha meningkatkan dan memperluas networking, selalu tanggap terhadap berbagai keluhan pelanggan dan mengembangkan media relation dan publikasi yang efektif. Perum BULOG dalam meningkatkan pelayanan juga melakukan berbagai inovasi, seperti : inovasi saluran distribusi BULOG, peralihan raskin ke voucher pangan dan Rumah Pangan Kita (RPK).

RPK sendiri merupakan program inovatif terbaru dari Perum BULOG. RPK adalah outlet penjualan pangan milik masyarakat yang dibina oleh Perum BULOG. RPK merupakan jaringan pemasaran Perum BULOG termasuk untuk stabilisasi harga dan pelayanan voucher pangan. Pengembangan RPK dilakukan untuk menyuplai kebutuhan pangan ke masyarakat dan dapat menekan harga komoditas utama penyebab inflasi. Di dalam RPK disediakan berbagai produk murah dan sehat untuk mewujudkan akses pangan pokok kepada masyarakat.

Metode
BUMN / BUMDPT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.Self Service Banking melalui Hybrid Machine oleh BRI

Dalam dunia perbankan tentunya tidak asing lagi dengan era kompetisi yang ketat, terutama dalam hal pelayanan dan produk. Bank sebagai lembaga di sektor perbankan memahami betul bagaimana menghadapi persaingan tersebut. Upaya inovatif harus dilakukan untuk memenangkan kompetisi tersebut. Salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang mencetuskan inovasi terbaru yaitu Hybrid Machine.

 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk / BRI memperkenalkan layanan terbarunya guna meningkatkan pelayan bagi para nasabah dan calon nasabah bank tersebut. Layanan baru ini berupa mesin self service yang bisa digunakan calon nasabah BRI yang ingin membuka rekening sendiri di bank BUMN ini. Jadi mesin Hybrid ini sangat memudahkan nasabah, karena nasabah yang ingin buka rekening hanya perlu menempelkan e-KTP-nya di mesin ini, langsung diproses. Mesin ini akan mempersingkat proses pembukaan rekening baru. Untuk biaya administrasi dan setoran awal tetap sama seperti membuka rekening melalui costumer service di kantor cabang.

 

Mesin hybrid ini dipergunakan untuk membuka rekening baru. Waktunya cuma 4 menit selesai pakai e-KTP dan untuk biaya administrasi sama seperti buka rekening biasa. Mesin tersebut juga merupakan hasil kerjasama Bank BRI dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam hal pemanfaatan e-KTP dalam dunia perbankan.

 

Namun, penggunaan Mesin Hybrid  ini adalah ketika program tersebut hanya mampu dipahami oleh orang-orang tertentu sehingga berdampak kurangnya mencapai sasaran apa yang telah dibuat oleh bank. Kendala hal ini dikarenakan sosialisasi program tersebut masih di ranah kalangan menengah keatas. Perlu dilakukan upaya sosialisasi yang intensif hingga sektor menengah ke bawah, sehingga aspek manfaat dapat dirasakan oleh semua lapisan nasabah.

Peluncuran Hybrid Machine ini adalah sebuah komitmen BRI untuk selalu mempersembahkan layanan prima kepada nasabah dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Peningkatan pelayanan tentunya sudah menjadi kewajiban bagi Bank BRI dalam menjalankan bisnis perbankan.

Metode
BUMN / BUMDPT. Pegadaian (Persero)Sistem Konsinyasi Produk MULIA dari Pegadaian

PT Pegadaian (Persero) sejak awal didirikan dan sampai saat ini, telah memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas. Terutama masyarakat kalangan menengah ke bawah yang terbantu dengan keberadaan pegadaian ketika mengalami kesulitan dalam membutuhkan modal atau pinjaman oleh lembaga jasa keuangan lainnya. Hal ini dikarenaka sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pegadaian (Persero) merupakan bagian dari penggerak ekonomi nasional yang dituntut untuk tidak hanya memberikan kontribusi kepada negara tapi juga mendorong pertumbuhan perekonomian rakyat.

Logo PT Pegadaian (Persero) memperlihatkan tentang proses perjalanan sebuah institusi yang dimulai dari sejarah berkembangnya hingga bertransformasi menjadi solusi keuangan yang berpegang pada landasan nilai-nilai kolaborasi, transparansi dan kepercayaan. Di masa lalu PT Pegadaian (Persero) hanya menjalankan bisnis gadai konvensional semata, kini sejalan zaman yang berkembang, PT Pegadaian (Persero) telah melakukan berbagai inovasi dalam pelayanannya dengan pengembangan tiga jenis produk jasanya yakni; Pembiayaan, gadai dan mikro, Emas, dan Aneka jasa.

Kepercayaan dari masyarakat serta inovasi yang dilakukan dalam memberikan solusi pembiayaan, membuat PT Pegadaian (Persero) ini terus maju dan berkembang. Inovasi tiada henti yang dikembangkan oleh PT Pegadaian (Persero) sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing dan kinerja sehingga siap menghadapi tantangan persaingan bisnis. Karena itulah, PT Pegadaian (Persero) terus melahirkan inovasi demi inovasi demi eksistensi di tengah masyarakat.

Salah satu inovasi yang dilakukan adalah Sistem Konsinyasi Produk MULIA (Murabahah Emas Logam Mulia untuk Investasi Abadi) yaitu layanan titip-jual emas batangan di Pegadaian sehingga menjadikan investasi emas milik nasabah lebih aman karena disimpan di Pegadaian. Sistem konsinyasi emas ini dimulai awalnya pada tahun 2010, inovasi ini melihat adanya kebutuhan masyarakat untuk menyimpan emas. Jadi ketika masyarakat menyimpan emas, pastinya ingin mendapatkan keuntungan. Selama ini juga bentuk murabahah yang ada di Indonesia hanya jual beli biasa, bukan konsinyasi. Selama ini pelanggan menyimpan emas kena biaya, tapi dengan sistem konsinyasi malah mendapatkan hasil.

Produk
BUMN / BUMDPT Pelindo III (Persero) Sistem Polder dan Drainase Pelabuhan Tanjung Emas

Kota Semarang yang berada pesisir pantai mengalami kendala yang sama di sepanjang tahun yaitu di daerah Semarang Utara yang terus terjadi banjir rob akibat adanya penurunan permukaan tanah. Gejala rob sudah menjadi hal lumrah yang melanda kawasan utara, bahkan puncak naiknya permukaan air laut ke daratan dapat mencapai ketinggian 1,1 meter. Penurunan permukaan tanah yang terjadi di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas berkisar antara 5-8 cm setiap tahunnya.

 

Pelabuhan Tanjung Emas  yang terus mengalami penurunan tanah dan pengaruh kondisi air pasang surut yang terjadi dua kali setiap harinya mengakibatkan permukaan tanah dan air laut menjadi equal. Jika air laut meluap ke dermaga dan daratan yang berakibat genangan banjir di kawasan pelabuhan. Terjadinya banjir rob tentunya berdampak langsung pada aktivitas pelabuhan yang terdapat di  wilayah Semarang Utara yaitu Pelabuhan Tanjung Emas. Kondisi pada saat air tergenang di terminal atau dermaga tersebut mengakibatkan aktifitas kepelabuhanan berupa antara lain aktivitas Bongkar Muat barang dari dan ke kapal, aktivitas cargo dooring atau kegiatan dari dermaga ke gudang atau lapangan penumpukan serta aktifitas naik turunnya penumpang kapal laut serta kendaraan truck ke kapal Roro terhenti sementara saat kondisi air pasang.

 

Pelabuhan yang berada dalam pengelolaan PT Pelindo III ini kerap menjadi daerah langganan genangan rob karena posisi permukaan tanahnya berada di bawah permukaan air laut. Kerugian dialami oleh  pelaku usaha yang merasa pesimis dengan keberlangsungan bisnis usaha mereka yang secara langsung berhubungan dengan kepelabuhanan. Hambatan bisnis tersebut juga dapat menjadi multiplayer effect biaya logistic tinggi dan lamanya aktifitas bongkar muat serta lamanya barang yang diterima oleh pemilik barang.

 

Penumpang kerap menjadi korban dengan adanya banjir rob di pelabuhan Tanjung Emas. Penumpang kapal laut harus berjuang menembus genangan air untuk sampai ke terminal penumpang. Masalah ini jelas akan menurunkan citra pelayanan Pelabuhan Pelindo III sebagai penyedia jasa transportasi laut. Pelabuhan merupakan sentra pintu gerbang perdagangan yang seharusnya bisa mengantisipasi gejala alam seperti halnya banjir rob tersebut.

Masalah banjir rob harus menjadi perhatian utama PT Pelindo III selaku pengelola Pelabuhan Tanjung Emas. PT Pelindo III mengeluarkan sebuah inovasi yaitu Sistem Polder dan Drainase. Sistem Polder dan drainase adalah daerah yang dibatasi dengan baik, dimana air yang berasal dari luar kawasan tidak boleh masuk, hanya air hujan (dan kadang- kadang air rembesan) pada kawasan itu sendiri yang dikumpulkan. Dalam polder tidak ada aliran permukaan bebas seperti pada daerah tangkapan air alamiah, tetapi dilengkapi dengan bangunan pengendali pada buangannya (dengan penguras atau pompa) untuk mengendalikan aliran di luar. Muka air di dalam polder (air permukaan maupun air bawah permukaan) tidak bergantung pada permukaan air di daerah sekitarnya dan dinilai berdasarkan elevasi lahan.

Konseptual

Pusat Inovasi Pelayanan Publik - Lembaga Administrasi Negara